Kisah Heroik Kakek Sujarno Bantu Tentara Buka Jalan Tembus

METROSEMARANG.COM – Untuk meningkatkan akses jalan raya, sejumlah warga Kelurahan Kalisegoro Gunungpati bahu-membahu bersama personel TNI membuka jalan tembus menuju ladang pertanian mereka.

Kegiatan pavingisasi jalan tembus Desa Kalisegoro Gunungpati, Selasa (18/7). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pembukaan jalan tembus itu melibatkan 148 tentara dari berbagai satuan mulai Kodim 0733/BS Semarang, Arhanudse, Zipur, Sidam IV Diponegoro serta unit Kesehatan Kodam IV Diponegoro.

Sujarno, seorang warga setempat tampak berulang kali memangkas dahan-dahan pepohonan yang tumbuh liar di sepanjang jalur jalan tembus.

Sebuah sabit berulang kali ia ayunkan untuk memotong batang pohon yang melintang.

“Saya senang sekali sudah ada pembuatan jalan tembus dari desa menuju ladang pertanian. Sebab sebelumnya jalanan di sini selain becek jika hujan, juga sempit sehingga susah dilewati truk pasir,” aku pria 60 tahun ini, Selasa (18/7).

Demi memperlancar pembukaan jalan tembus, ia bahkan rela menghibahkan sebagian tanahnya kepada aparat TNI. Tanah yang dipakai, katanya cukup untuk membuka jalan tembus yang menghubungkan dua desa.

Ia berharap adanya pembukaan jalan bisa membuat aksesnya diperlebar lagi. Dengan harapan dirinya lebih mudah menggapai ladang pertaniannya untuk mengambil ragam hasil Bumi.

“Sekarang kalau mau mengambil hasil Bumi pasti kendaraannya sudah bisa masuk. Motor pun juga mudah jalan kemari,” kata warga RT 06/RW II Desa Kalisegoro tersebut.

Dilain pihak, Sabar Tri Mulyono, Lurah Kalisegoro mengatakan pembuatan jalan tembus sepanjang 200 meter selebar 2×2 meter yang menghubungkan wilayah RT 06/RW II menuju lingkungan RT 03/RW III Desa Kalisegoro.

“Kami selama ini kasihan lihat warga kesulitan menuju kebunnya. Apalagi kebanyakan warga di sini mengandalkan mata pencaharian petani. Sehingga adanya jalan tembus memudahkan akses jalan bagi mereka,” bebernya.

Jalan tembus dibuatkan dengan memasang pavingisasi oleh ratusan tentara. Dengan kondisi tersebut, ia memperkirakan nantinya perekonomian masyarakat dua wilayah itu jadi meningkat.

Sementra Danramil 07/Gunungpati, Mayor (Kav) Triyono mengungkapkan total pavingisasi mencapai 500 meter yang terbagi dua tahap. Untuk tahap pertama 200 meter. Yang kedua akan dilanjutkan dari hasil Musrembangcam Gunungpati.

Pihaknya juga membuatkan jalan tembus menuju TPU Sedayu dan TPU Kalisegoro. Kegiatan yang termasuk dalam program TMMD 2017 dimaksudkan demi meningkatkan kesejahteraan setempat.

“Biar warga dapat membawa hasil kebunnya ke pasar dengan mudah,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.