Kisruh SNMPTN SMA 3 Semarang, Dewan akan Minta Klarifikasi Kepala Sekolah

METROSEMARANG.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang besok, Selasa (17/5) akan memanggil pihak SMA Negeri 3 Semarang dan Dinas Pendidikan. Ketua Komisi D DPRD Kota Semarang Laser Narindro mengatakan, pemanggilan pihak sekolah dan Disdik untuk mengklarifikasi polemik tidak lolosnya ratusan siswa IPA dari SMA Negeri 3 Semarang dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Puluhan siswa Smaga yang tak lolos SNMPTN menggelar aksi protes pada Kepala Sekolah, Kamis (12/5) siang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Puluhan siswa Smaga yang tak lolos SNMPTN menggelar aksi protes pada Kepala Sekolah, Kamis (12/5) siang. Foto: metrosemarang.com/dok

Dia mengatakan, berdasarkan informasi yang didapatkan, kesalahan terletak pada pihak SMAN 3 Semarang, yakni pada proses ‘input’ data dan nilai yang dilakukan oleh petugas admin sekolah. “Makanya, kami akan minta klarifikasi ke sekolah dengan menyertakan berkas-berkas yang diperlukan. Kalau kesalahan pada ‘input’ data oleh sekolah, kepala sekolah harus bertanggung jawab,” katanya.

Kepala sekolah diminta harus bertanggung jawab dan harus ada tindak lanjut secara prosedural atas kesalahan yang dibuatnya, sebab yang dirugikan dari persoalan ini adalah siswa. Karena peristiwa ini, reputasi SMA Negeri 3 Semarang menjadi anjlok.

Selain persoalan kegagalan SNMPTN, kata Laser, pemanggilan pihak SMA N 3 Semarang itu juga untuk mengklarifikasi mengenai habisnya masa jabatan kepala SMAN 3 Semarang, Bambang Nianto Mulyo. (ade)

You might also like

Comments are closed.