Kolaborasi Shopee dan Semua Murid Semua Guru Hadirkan Program Muda Berdaya

Pendampingan yang diberikan oleh kolaborasi antara Shopee dan SMSG diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing secara berdaya.

JAKARTA – Shopee Indonesia berkolaborasi dengan Semua Murid Semua Guru (SMSG) meluncurkan program Muda Berdaya dalam rangkaian turut memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019. Melalui program tersebut, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan ini ingin mendorong generasi muda untuk menjadi wirausaha.

Kolaborasi Shopee dan Semua Murid Semua Guru menghadirkan program Muda Berdaya untuk mendorong generasi muda berwirausaha. Foto: metrosemarang.com/dok Istimewa

“Shopee bersama dengan Semua Murid Semua Guru berkolaborasi untuk ambil peran dalam pengembangan kualitas sumber daya penerus bangsa. Program Muda Berdaya ini dirancang menjadi solusi relevan untuk menjawab dinamika dunia industri yang berubah dengan begitu cepat. Pendekatan yang dilakukan untuk menanggulangi tantangan tersebut adalah mendorong generasi muda untuk menjadi wirausahawan. Pendampingan yang diberikan oleh kolaborasi antara Shopee dan SMSG diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang siap bersaing secara berdaya, mandiri, dan kreatif di masa mendatang, khususnya agar dapat menciptakan wirausaha yang berkelanjutan dan memiliki dampak sosial bagi lingkungan sekitarnya,” kata Rezki Yanuar, Country Brand Manager Shopee.

Tantangan yang dihadapi oleh sumber daya manusia di Indonesia berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Oleh sebab itu, diperlukan terobosan dan inovasi untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Indonesia dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan pembangunan dan pasar kerja.

Merujuk pada data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) pada Agustus 2017 sebesar 5,50 persen, turun menjadi 5,34 persen pada Agustus 2018. TPT sendiri adalah indikator yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat penawaran tenaga kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja. Dilihat dari tingkat pendidikan pada Agustus 2018, TPT untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) masih mendominasi di antara tingkat pendidikan lain, yaitu sebesar 11,24 persen. ​Yang menjadi perhatian adalah tingginya TPT merupakan lulusan SMK yang sejatinya dipersiapkan untuk langsung bekerja.

Hamid Muhammad, Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan, pihaknya mendukung penuh upaya Shopee dan SMSG yang proaktif mengoptimalkan kemajuan dunia pendidikan. Menurutnya, program Muda Berdaya sejalan dengan konsentrasi pemerintah yang menitikberatkan pada pembangunan sumber daya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, keterampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif.

“Kami berharap pendampingan wirausaha yang diberikan oleh Shopee dan SMSG ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan kualitas SDM dan Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja dalam jangka panjang,” kata Hamid Muhammad.

Program ​Muda Berdaya dirancang untuk membekali generasi muda SMA/SMK sederajat dengan kemampuan dasar untuk memulai perjalanan kewirausahaan. Program pendidikan kewirausahaan ini mulai diselenggarakan pada Tahun Ajaran 2019/2020 di Palembang. (*)

You might also like

Leave A Reply