Komisioner KPK Puji Komitmen Pencegahan Korupsi Pemkot Semarang

METROSEMARANG.COM – Komisioner KPK RI, Saut Situmorang, memuji langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang dilakukan oleh Pemerintahan Kota Semarag. Dia menilai, terdapat peningkatan secara kualitatif dalam hal pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Komisioner KPK Saut Sitomorang. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Menurutnya, hal itu ditunjukkan dengan optimalnya kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Pemkot Semarang, serta tersedianya website.

”Selain itu, yang menjadi indikator peningkatan adalah tindak lanjut dari permohonan yang masuk dari masyarakat, karena keterbukaan informasi itu harus ada reaksinya,” katanya, saat hadir dalam penandatanganan (MoU) Implementasi Sistem Integritas Lokal antara Pemkot Semarang bersama Pattiro dan Transparansi Internasional Indonesia (TII) di Hotel Daffam, Semarang, Kamis (16/3).

Acara tersebut juga dihadiri peserta dari perwakilan BPK, Lembaga Kuasi Negara, KIP Provinsi, ORI Kantor Perwakilan, PTN/ PTS di Kota Semarang, OPD di Pemprov Jawa Tengah dan Kota Semarang, Dunia Usaha (Kadin, Apeksi, Hipmi), organisasi masyarakat sipil, BEM dan tokoh masyarakat serta jurnalis lokal dan  nasional.

Saut Situmorang menyebutkan, adanya program Lapor Hendi sebagai pengawasan langsung masyarakat kepada pemerintah merupakan hal positif. Namun, dia meminta dalam memberikan feedback atas laporan masyarakat, harus melalui struktur dan prosedur.

”Karena wali kota memiliki staf dan bawahannya. Wali kota dapat mengatur standar operasionalnya secara detail agar mengurangi risiko penyimpangan aturan,” katanya.

Setelah dari Kota Semarang, Saut Sitomorang berencana ke Surabaya untuk membandingkan kota mana yang terbaik dalam komitmen pencegahan dan pemberantasan korupsi. Harapannya dua-duanya bisa menjadi kota yang terbaik.

”Kami memang mencari champion-champion di daerah. Kalau semua diserahkan Pak Jokowi kasihan juga,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.