Konsumsi BBM Diprediksi Meningkat 10 Persen

METROSEMARANG.COM – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) oleh masyarakat sudah mulai terasa mendekati liburNatal dan Tahun Baru 2018. Pertamina MOR IV Jawa Tengah-DIY memprediksi kenaikan konsumsi pada momentum tersebut bisa mencapai 10%.

General Manager Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY, Yanuar Budi Hartanto dan jajaran mengecek kesiapan tim satgas di Terminal BBM Pengapon Semarang, Sabtu (23/12). Foto: anggun puspita

General Manager Pertamina MOR IV Jawa Tengah dan DIY, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, liburan sekolah yang bersamaan dengan Natal dan Tahun Baru akan berdampak pada peningkatan konsumsi BBM. 

“Jelang natal ini sudah terlihat peningkatannya di sejumlah SPBU. Seperti pantauan kami, di SPBU Muri Tegal kenaikan konsumsi sudah mencapai 50% dari konsumsi normal. Kemudian di SPBU Pengapon Semarang konsumsi BBM sudah mencapai 6.000 KL/hari dari normalnya 5.000 KL/hari,” katanya.

Diperkirakan Natal dan Tahun Baru, kebutuhan BBM akan mengalami peningkatan antara lain Premium dengan kenaikan sebesar 10%, Pertalite 11%, Pertamax 11%, Pertamina Turbo 15%, Dexlite 18%, Pertamina Dex 31%, Avtur 8% dan LPG 6.8%. Sementara Solar turun 1% karena adanya pembatasan operasional angkutan barang selama momentum tersebut dan penurunan kegiatan angkutan industri.

“Untuk memenuhi kebutuhan konsumsi BBM bagi masyarakat kami siapkan 438 mobil tangki dan tambahan jumlah awak untuk menyalurkan BBM ke SPBU. Lalu 18 SPBU kantong juga disiapkan, disana ada mobil tangki sebagai stok bergerak,” jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, telah siaga juga mobile dispenser unit yang ditempatkan di titik-titik keramaian dan rest area. (ang)

You might also like

Comments are closed.