Korban Heli Basarnas akan Dilepas di Lanumad Ahmad Yani

METROSEMARANG.COM – Delapan penumpang helikopter milik Basarnas meninggal dunia setelah menabrak tebing di Gunung Butak, Temanggung, pada Minggu sore (2/7) kemarin.

Korban heli Basarnas usai menjalani identifikasi di RS Bhayangkara. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan kedelapan personel itu terlibat kecelakaan saat hendak menuju Dieng untuk melakukan proses pertolongan terhadap wisatawan yang mengalami musibah di Kawah Sileri.

“Selain mengamankan tugasnya selama  arus mudik Ramadan dan perayaan Idul Fitri, para korban sebenarnya saat itu sedang terbang menuju Banjarnegara. Karena pada saat yang sama terdapat kejadian di Pegunungan Dieng,” ungkap Condro saat berada di RS Bhayangkara Jalan Majapahit Semarang, Senin (3/7).

Namun nahas, kata Condro dalam perjalanan para personel mengalami kecelakaan di Gunung Butak. Semua penumpang helikopter dipastikan gugur dalam tugas.

Condro menambahkan pihaknya berhasil mengidentifikasi identitas para korban kecelakaan helikopter di Gunung Butak.

Identifikasi dilakukan menyeluruh dengan melibatkan tim DVI, sejumlah penemuan properti yang melekat pada tubuh korban serta keterangan saksi mata.

Kedelapan korban meninggal dunia berdasarkan nomor urut peti jenazah antara lain Catur Bambang Sulistyo, Budi Resti, Soleh, Maulana Afandi, Hari, Budi Santoso, Nyoto Purwanto dan Haryanto.

“Identifikasi kita lakukan dari proses medis, penemuan properti pada tubuh korban dan ciri-ciri fisik sesuai keterangan pihak keluarga,” jelasnya.

Kepala Basarnas, Marsekal Muda TNI Muhammad Syaugi memastikan para penumpang helikopter terdiri dari empat personel Basarnas dan empat anggota TNI AL.

“Mereka gugur dalam tugas sesuai UU Nomor 29 Tahun 2014 tentang tupoksi penyelamatan dan pertolongan bagi korban,” tuturnya.

Saat ini semua jenazah dipulangkan dari RS Bhayangkara. Pihak keluarga akan menerima pelepasan jenazah di Lanumad Ahmad Yani. (far)

You might also like

Comments are closed.