Kota Lama Semarang Belum Jadi Kawasan Cagar Budaya Nasional

METROSEMARANG.COM – Kawasan Kota Lama Semarang sedang diusahakan menjadi world heritage atau warisan dunia di Unesco. Namun ternyata kawasan little netherland ini, belum ditetapkan menjadi Kawasan Cagar Budaya nasional sebagai salah satu syarat utamanya.

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu melakukan kunjungan ke Kota Lama Semarang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengakui bahwa Kota Lama saat ini memang belum ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya nasional oleh Pemerintah Indonesia. Namun sudah melakukan upaya-upaya ke arah sana.

”Kami sudah melakukan upaya salah satunya belum lama ini ketemu dan audiensi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” katanya, Senin (10/4).

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang ini mengatakan, pihaknya juga segera bertemu dan melakukan audiensi dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK). Keduanya sebagai institusi yang berwenang mengeluarkan penetapan Kawasan Cagar Budaya sebuah situs.

”Kami yakin status sebagai Kawasan Cagar Budya nasional bisa diperoleh, sambil paralel menyusun dosier untuk Kota Lama yang diminta Unesco dalam penetapan world heritage,” jelasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.