KPPU Awasi Vaksinasi Meningitis Jemaah Umroh 2016

METROSEMARANG.COM – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pada tahun ini tengah memperketat pengawasan terhadap pemberian vaksinasi meningitis bagi para jemaah umroh yang hendak berangkat ke Tanah Suci Mekkah Arab Saudi.

Komisioner KPPU Saidah Sadwan mengatakan, pengetatan pengawasan terhadap pemberian vaksin tersebut agar jemaah umroh terhindar dari penyakit radang selaput otak saat beribadah di Tanah Suci Mekkah.

Ilustrasi Foto: dok metrojateng.com
Ilustrasi
Foto: dok metrojateng.com

“Di tahun ini, kami mendapat informasi bila peminat umroh yang ada di Indonesia telah mencapai 1 juta per bulan. Jumlah ini meningkat drastis,” ungkap Saidah, saat berdialog dengan KKP Tanjung Emas Semarang, Kamis (10/3).

“Lalu, dalam pemberian vaksinasi meningitis, pemerintah telah memberikan mandat kepada kami untuk mengawasi tiap proses pemberian vaksin dan tahun ini harus diawasi secara cermat,” tambah Saidah.

Berdasarkan pengalamannya, saat seorang jemaah hendak terbang ke Mekkah, pemberian vaksin tak bisa dilakukan secara terjadwal.

“Saya yang pernah umroh justru baru divaksin beberapa jam sebelum jadwal keberangkatan. Ini pun kita tidak pernah tahu apa saja obat yang disuntikan kepada kami,” bebernya.

Pengawasan terhadap vaksin meningitis perlu dilakukan mengingat Jawa Tengah sendiri dikenal sebagai basis peternakan unggas bersama dengan Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Terlebih lagi, sesuai Permenkes 42/2013 tentang penyelenggaraan imunisasi dalam pasal 3 ayat 4 disebutkan bahwa, pemberian vaksin harus memiliki izin edar sesuai ketentuan perundang-undangan dan pasal 9 mengatur soal klasifikasi vaksis meningitis meningokokus.

Sementara, seorang tenaga medis khusus layanan haji dan umroh di Semarang mengaku, saat ini jumlah jemaah yang sakit di Mekkah belum tertangani dengan baik oleh panitia haji. Bahkan, ada beberapa dalam kondisi sakit di rumah sakit hingga tak bisa pulang ke Indonesia.

“Pelayanan vaksin meningitis ini harus segera ditingkatkan agar memudahkan pelayanan bagi jemaah di Mekkah,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.