KPU Cek Keabsahan Ijazah Dua Paslon Pilgub Jateng

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah merampungkan proses verifikasi awal untuk berkas pencalonan dua pasangan calon (paslon) yang maju dalam bursa Pilgub Jateng. Verifikasi yang dimaksud mencakup pengecekan keaslian ijazah, hasil tes kesehatan serta kepemilikan NPWP tiap paslon.

KPU Jateng mulai melakukan verifikasi berkas calon Pilgub 2018. Foto: metrosemarang.com/dok

“Untuk hari ini terakhir verifikasi awal (pendaftaran paslon) termasuk di dalamnya ada hasil kesehatan. Saat ini kami telah mendapatkan hasil tes kesehatan sehingga Rabu besok pagi pukul 10.00 WIB kami akan menggelar rapat pleno terbuka untuk menyampaikan hasil verifikasi dari KPU,” ungkap Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo kepada metrosemarang.com, Selasa (16/1).

Usai pengumuman hasil verifikasi awal, dirinya nanti mempersilahkan kepada tiap paslon untuk memperbaiki keabsahan dokumen pendaftarannya selama tiga hari ke depan.

Ia mengingatkan ada sejumlah syarat yang dapat menggagalkan pencalonan Pilgub yani keabsahan ijazah, tidak punya NPWP dan hasil tes kesehatan.

“Kita sudah cek ijazah milik Sudirman Said ke Kemendikbud dan sudah dinyatakan sah. Sedangkan keabsahan ijazah milik Ida Fauziyah sedang dicek langsung oleh tim kami ke Mojokerto,” paparnya.

Tak hanya itu saja, katanya. Kelengkapan ijazah milik petahana Ganjar Pranowo dan Taj Yasin Maimoen juga dicek ulang. Terkait keabsahan ijazah milik Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin, pihaknya sudah mengecek ke kantor Kemenag Jakarta.

“Karena Gus Yasin punya latar belakang pendidikan di pondok pesantren, maka kami cukup mengecek ulang surat keterangan dari pondoknya saja. Yang dilampirkan memang dari surat keterangan ijazah yang setara dengan SMA,” terangnya. (far)

You might also like

Comments are closed.