KPU Mulai Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2019

METROSEMARANG.COM – KPU Kota Semarang mulai Selasa (30/1) siang melakukan verifikasi partai-partai yang akan ikut serta dalam pemilu 2019. Hal ini dilakukan setelah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengharuskan partai politik lama tetap mengikuti verifikasi faktual.

Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono

Dalam verifikasi KPU Kota Semarang mengecek kebenaran kantor partai, kepengurusan, dan keanggotaan partai serta keterwakilan perempuan. Verifikasi faktual terhadap partai-partai pemeroleh kursi di DPR RI ini akan dilakukan KPU Semarang hingga Kamis 1 Februari lusa.

Untuk hari ini, KPU Kota Semarang melakukan verifikasi terhadap Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Gerindra dan PBB. Menurut Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, ada 4 hal mendasar yang dilakukan pengecekan oleh pihaknya, di antaranya kantor partai atau sekretariat yang harus dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan.

Kemudian kepengurusan lengkap dengan dibuktikan surat keputusan partai, dan keanggotaan yangdibuktikan dengan KTP Elektronik dan kartu anggota partai. Serta keterwakilan perempuan 30 persen dalam kepengurusan.

‘’Verifikasi ini dilakukan KPU lantaran adanya keputusan Mahkamah Konstitusi yang mengharuskankami melakukan verifikasi ulang terhadap semua partai yang akan menjadi peserta pemilu 2019,’’ katanya.

Atas verifikas ini Partai Nasdem dan PDI Perjuangan menyambut baik. Bahkan kedua partai ini masing-masing telah menyiapkan seluruh berkas verifikasi yang diminta KPU. Termasuk di antaranya mengumpulkan seluruh pengurus dan perwakilan kadernya.

Ketua DPD Nasdem Kota Semarang, Ridwan Pangestu mengatakan, partainya optimistis pada pemilu 2019 mendatang akan memperoleh minimal 1 kursi di setiap dapil (daerah pemilihan). Untuk saat ini baru memiliki 1 kursi di DPRD Kota Semarang.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang Hendrar Prihadi juga mengatakan, yakinpartainya akan memperoleh tambahan kursi di DPRD Kota Semarang. (duh)

You might also like

Comments are closed.