KPU Semarang Pasang APK Pilgub Jateng di 10 Titik Strategis

METROSEMARANG.COM – KPU Kota Semarang mulai memasang Alat Peraga Kampanye (APK) kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jawa Tengah. APK yang dipasang berupa baliho besar yang ditempatkan di 10 titik strategis di Kota Semarang.

Pemasangan APK Pilgub Jateng di Bundaran Kalibanteng, Rabu (21/3). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono mengatakan, setiap pasangan cagub dan cawagub mendapatkan 5 titik pemasangan APK. Hal itu sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). Sehingga keseluruhan ada 10 titik lokasi APK yang pemasangannya dilakukan serentak.

‘’Selain dua titik di delta bundaran Kalibanteng, lainnya di Jalan Sugiyopranoto depan Palang Merah Indonesia, Stasiun Tawang, Jalan Citarum, Jalan Gajahmada depan Masjid Baiturrahman Simpanglima, Jalan Menteri Supeno, Jolotundo daerah Gayamsari, SPBU Ketileng, dan di depan ADA Swalayan Srondol,’’ ujarnya saat pemasangan APK di Bundaran Kalibanteng, Rabu (21/3) sore.

Pemasangan APK Pilgub Jateng di Bundaran Kalibanteng, Rabu (21/3). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Menurutnya, sesuai kesepakatan dengan tim sukses dari kedua pasangan calon, dalam pemasangan APK tersebut terbagi menjadi dua periode. Nantinya, di pertengahan masa kampanye yang terhitung dimulai hari ini, akan dilakukan pergantian atau lukiran tempat pemasangan APK.

Sebagai contoh, APK pasangan cagub nomor urut dua di Bundaran Kalibanteng yang saat ini menghadap fly over, di pertengahan masa kampanye akan diganti menghadap ke bandara. Sebaliknya, APK pasangan cagub nomer urut satu yang saat ini menghadap Bandara, di pertengahan masa kampanye akan diganti menghadap ke fly over.

‘’Begitu pula dengan APK di titik-titik yang lain, juga akan dilakukan pemindahan posisi supaya adil,’’ kata Henry Wahyono.

Dijelaskan, teknis pemasangan APK di Pilgub Jateng 2018 ini mengacu pada pemasangan APK pada masa kampanye Pilwalkot Semarang 2015 lalu. Saat itu teknisnya menggunakan 3 periode pemasangan APK lantaran Pilwalkot terdapat tiga pasangan calon.

‘’Ini modelnya sama dengan Pilwakot Semarang kemarin,  dimana Pilwakot kemarin ada 3 paslon dan 15 titik, dan dibagi 3 periode,’’ tegasnya.

Setelah pemasangan baliho ukuran besar, pihaknya kini menunggu APK lainnya dari KPU Jawa Tengah untuk juga dipasang. Seperti berupa umbul-umbul, spanduk dan lainnya. Nantinya untuk umbul-umbul ada 40 titik di setiap kecamatan dan spanduk 2 titik di setiap kelurahan. (duh)

You might also like

Comments are closed.