KPU Semarang Targetkan Partisipasi Pemilih di Pilgub Jateng Capai 77 Persen

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang menargetkan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 bisa mencapai 77%. Target tersebut naik 17% dari Pilgub Jateng tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 60% dari jumlah pemilih sekitar 1,1 juta orang.

Pelepasan peserta jalan sehat yang digelar KPU Kota Semarang oleh Sekda Kota Semarang Adi Trihananto, Minggu (29/10). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

KPU Kota Semarang pun terus gencar melakukan sosialisasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jateng yang akan digelar pada bulan Juni mendatang. Salah satunya dengan mengkampanyekan gerakan sadar pemilu melalui kegiatan jalan sehat yang diikuti sekitar 1.000 peserta, Minggu (29/10).

Dengan tema Becik Tur Nyenengke atau baik dan menyenangkan diharapkan kampanye tersebut dapat meningkatkan partisipasi pemilih, sehingga dapat mencapai target. Pada pilgub tahun 2013 lalu diakui Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono partisipasi pemilih di Kota Semarang hanya mencapi 60% saja.

‘’Meski berat untuk dapat mencapai target 77% atau naik sebanyak 17%, namun kami optimiis dapat mencapai target tersebut dengan cara gencar melakukan sosialisasi,’’ katanya.

Dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilwakot Semarang tahun 2015 lalu, lanjutnya, jumlah DPT di Kota Semarang sebanyak 1,1 juta lebih pemilih. Sementara untuk tahapan Pilgub Jateng 2018, KPU saat ini masih baru melakukan verifikasi administrasi faktual peserta pemilu.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, berharap gerakan sadar pemilu ini dapat dijadikan semangat warga Kota Semarang untuk berpartisipasi aktif dalam pemilu gubernur bulan Juni mendatang. ‘’Menyediakan waktu 5 menit untuk memilih di bilik suara akan menentukan nasib Jawa Tengah untuk 5 tahun ke depan,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.