KPU Sosialisasikan Syarat Calon Independen

Sosialisasi calon persorangan Pilwakot 2015 di kantor KPU Semarang, Sabtu (23/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Sosialisasi calon persorangan Pilwakot 2015 di kantor KPU Semarang, Sabtu (23/5). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang memberikan sosialisasi syarat pencalonan untuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang, Sabtu (23/5). Pada siosialisasi kali ini, yang ditekankan KPU Kota Semarang adalah terkait syarat pencalonan dari jalur independen.

Sosialisasi dihadiri oleh puluhan audiens perwakilan dari pimpinan partai politik, Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan, LSM, ketua PPK, kepolisian dan Panwas.

Menurut Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono, sosialisasi ini merupakan tahap Pilwakot yang harus dilakukan. “Dengan begini kami juga memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat ang berminat mendaftarkan diri dalam Pilwakot tanpa melalui partai politik,” ujarnya, Sabtu (23/5) siang di kantor KPU Kota Semarang.

Di situ dia menjelaskan syarat yang harus dipenuhi oleh calon independen, yaitu mengumpulkan dukungan masyarakat Semarang. “Dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah masyarakat Semarang yang tersebar di lebih dari separuh jumlah kecamatan di Kota Semarang,” papar Henry.

Dijelaskan bahwa jumlah penduduk Kota Semarang yang didata KPU adalah 1.622.520. Jadi jumlah dukungan yang harus dikumpulkan adalah 105.464 untuk setiap pasangan.

Sedangkan diketahui jumlah kecamatan di Kota Semarang ada 16 kecamatan, jadi calon independen harus mengumpulkan setidaknya sembilan kecamatan. “Untuk batas akhir pengumpulan data pendukung adalah 15 Juni mendatang. KPU juga akan mengumumkan di media terkait sosialisasi ini Minggu (24/5) ini,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.