Kreatif, Mahasiswa Udinus Mainkan Gamelan Pakai iPad

Mahasiswa Udinus memainkan gamelan eletrik menggunakan iPad. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Mahasiswa Udinus memainkan gamelan eletrik menggunakan iPad. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bermain gamelan. Namun, peralatan yang dimainkan bukan berasal dari gamelan asli, melainkan iPad yang dipasang aplikasi.

Suara yang dihasilkan tidak berbeda dengan gamelan asli. Para pemain pun tak lupa mengenakan blankon untuk memainkannya. Permainan yang apik dari mereka mengundang rasa penasaran pengunjung Pameran Gelar Teknologi Industri di Gedung Wanita, Senin (4/5), untuk mendekat dan melihat lebih detil alat yang digunakan.

Menurut Ketua e.Gamelan, Bonita, program tersebut sudah mulai dikembangkan sejak 2006 lalu. Teknologi ini merupakan media pembelajaran, bukan untuk menggeser gamelan asli. Perihal mengapa dia memilih iOS sebagai ‘rumah’ gamelannya, Bonita menjelaskan bahwa iOS lebih stabil perkembangannya dan perforrmanya lebih baik daripada Operating System (OS) lain.

“Kalau Android sebenarnya bisa, tetapi perkembangan Android terlalu cepat sehingga kami agak kewalahan mengikutinya,” kata dia. Aplikasi yang mereka mainkan pun sudah bisa diunduh di PlayStore maupun iTunes. (ade)

You might also like

Comments are closed.