Kreatif! Polsek KP3 Tanjung Emas Sulap Peti Kemas jadi Musala ‘Portable’

METROSEMARANG.COM – Gema azan berkumandang di kawasan Polsek Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Tanjung Emas Semarang, menandakan waktu salat zuhur telah tiba. Siapa nyana ajakan salat itu berasal dari dua buah peti kemas yang disulap menjadi sebuah musala ‘portable’ yang bisa dipindah-pindah.

Musala Al-Ikhlas Polsek KP3 Tanjung Emas Semarang. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Musala Al-Ikhlas namanya, dibangun sejak sekitar 3 bulan lalu kini telah rampung dan bisa digunakan untuk beribadah. “Awalnya kan memang sejak saya di sini dan sebelum saya di sini tu kan sini belum ada musalla, kalau beribadah saja di aula. Makanya saya pengin membangun musala,” ujar Kapolsek KP3, Kompol Sukiyono, usai peresmian, Selasa (22/8).

Berbeda dengan musala pada umumnya, musala ini dibangun menggunakan peti kemas bekas. Bukan tanpa alasan, selain memanfaatkan barang yang tak terpakai, pemakaian peti kemas bekas tersebut supaya bisa dipindahkan dari tempat satu ke tempat yang lain.

Pasalnya, wilayah tersebut memang menjadi langganan sapuan air rob. “Tadinya pengin mbangunnya make kayu tapi kok sepertinya kurang efektif. Sini juga kan sering tergenang rob jadi kalau pakai peti kemas kan bisa dipindah-pindah juga,” tambah Sukiyono.

Pembangunan musala tersebut menghabiskan dua buah kotak peti kemas. Disusun berdampingan sehingga membentuk sebuah ruangan berukuran kurang lebih 10×8 meter.

Selain itu musala ini juga terlihat unik, pasalnya tekstur permukaan peti kemas tidak hilang di bagian luar maupun dalam ruangan. Polesan cat warna putih juga membuat musala ini tampak bersih. Pemilihan material kaca sebagai jendela dan pintu pun menambah kesan elegan pada bangunan tersebut.

Saat memasuki ruangan musala, kenyamanan akan terasa sejak pertama menginjak karpet empuk yang dipasang menutupi seluruh permukaan lantai bagian dalam. Ditambah dengan adanya Air Conditioner (AC) yang seketika menutupi hawa panas di lokasi tersebut dan berganti menjadi udara sejuk di dalam ruangan.

Setelah melewati proses pembangunan beberapa bulan, kini musala tersebut sudah berdiri kokoh dan siap digunakan untuk beribadah. Musala ini tidak hanya dibuka untuk jajaran Polsek KP3, namun juga masyarakat di sekitar lokasi.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abioso Seno Aji, Wakapolrestabes AKBP R Setijo Nugroho, dan Kapolsek KP3 Kompol Sukiyono meresmikan Musala Al-Ikhlas beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Sementara Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji menyambut baik ide kreatif dari pihak Polsek KP3 ini. “Ini adalah ide kreatif karena memanfaatkan barang yang ada di sekitar. Saya turut bangga dan berterima kasih kepada Kapolsek KP3 dan instansi serta stakeholder yang membantu terwujudnya mushola ini. Ini akan banyak manfaatnya, masyarakat umum dapat menggunakan musala ini,” ujar Abi.

Abi berharap dengan adanya ide-ide semacam ini dapat memberi contoh kepada polsek-polsek lain di wilayahnya untuk mewujudkan gagasan-gagasan kreatif mereka. Selain untuk memberi kesan estetik, hal semacam itu juga dapat meningkatkan semangat beribadah bagi mereka. (fen)

You might also like

Comments are closed.