Kreatif, Warga Karangroto Sulap Lahan Terbengkalai jadi Taman Toga

METROSEMARANG.COM – Warga Kelurahan Karangroto RT 04 RW 03 Kecamatan Genuk sangat pintar dalam memanfaatkan lahan kosong yang terbengkalai. Lahan tersebut disulap menjadi taman tanaman obat keluarga. Tentu hal ini dapat dicontoh oleh warga di kelurahan yang lainnya.

Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Lahan di RT tersebut dulunya dikenal sangat kotor dan kumuh karena digunakan untuk pembuangan sampah. Bau busuk pun selalu mengganggu warga di sekitarnya. Secara swadaya kemudian warga membuat taman tanaman obat keluarga atau disingkat Taman Toga tersebut.

Ketua RT 04 Eko Budiyanto mengatakan, warga hanya mengandalkan dana kas RT untuk membangun Taman Toga. Namun, dengan semangat gotong-royong dan keinginan mewujudkan lingkungan yang asri taman berhasil dibuat. ‘’Semua warga mendukung dibuat Taman Toga,’’ katanya, Minggu (2/4).

Taman ini ukurannya hanya sekitar 10 x 10 meter, tapi di sekitarnya dilengkapi fasilitas pos kamling dan MCK (mandi cuci kakus). Untuk pos kamling dan MCK ini dibangun dari hasil bantuan dana Corporate Social Responcibility (CSR) RSUP dr Kariadi Semarang. ‘’Hanya dilakukan renovasi,’’ ujarnya.

Eko menjelaskan, dalam membuat Taman Togo dari perencanaan hingga pelaksanaan hanya butuh waktu sekitar 2 bulan. Taman Toga tersebut juga memiliki sekitar 70 jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar. Sebab selain ditanam di tanah ada juga yang ditanam di media pot atau polibag.

‘’Warga akan melestarikan serta merawat Taman Toga in, dan secara kebetulan ibu-ibu PKKnya juga memiliki hobi dalam merawat tanaman,’’ katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.