Kunjungi Museum Mart, Siswa SMP 29 Semarang Pilih Nonton Wayang

METROSEMARANG.COM – Gelaran Museum Mart masih belum berakhir. Dua hari terakhir menjelang penutupan, pameran ini masih ramai dikunjungi siswa-siswi SD, SMP, dan SMA di Semarang, Senin (16/5).

Ambya Arumningtyas siswi kelas VIII  ini datang bersama 14 temannya yang merupakan anggota OSIS di SMP Negeri 29 Semarang. Mereka tengah menyaksikan pertunjukan wayang kulit yang digelar di halaman Museum Ranggawarsita, setelah sebelumnya berkeliling melihat koleksi pameran.

Pertunjukan wayang kulit di Museum Mart 2016. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Pertunjukan wayang kulit di Museum Mart 2016. Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Ambya sendiri secara pribadi mengaku tidak begitu mengerti dengan wayang kulit. Namun, dia tetap berusaha menonton kesenian tradisional itu sampai tuntas. “Kalau aku sendiri sih nggak terlalu tahu tentang wayang,” tutur dara berambut panjang ini.

Ambarwati, pembina OSIS SMP 29 Semarang mengakui bahwa minat anak-anak terhadap wayang memang minim. “Ya harus diakui memang, anak zaman sekarang kurang perhatian dan minat pada wayang,” tutur Ambar.

Menurut dia, salah satu alasan mengajak siswa berkunjung di Museum Mart bukan semata untuk mengenalkan budaya, tapi juga untuk pendidikan karakter. Lebih jauh Ambar mengungkapkan meski minat anak-anak didiknya pada wayang minim, tetapi mereka sangat antusias untuk berkeliling melihat koleksi yang ada di pameran.

Gelaran Museum Mart tahun ini berlangsung selama enam hari sejak Kamis (12/5) dan berakhir pada Selasa (17/5) besok. Pameran bersama 25 museum dari tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam ini menampilkan 247 koleksi. Selain mengamati ratusan koleksi yang ditampilkan, pengunjung juga bisa menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional hingga workshop batik. (yulikha elvitri)

You might also like

Comments are closed.