Kuota Bertambah, Biaya Haji pun Membengkak

METROSEMARANG.COM – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang memastikan kuota calon jemaah haji yang berangkat dari wilayahnya, mulai tahun ini bertambah.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok metrojateng.com

Penambahan itu menyesuaikan hasil kesepakatan pemerintah Indonesia setelah bertemu dengan rombongan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud di Bali bulan lalu.

Mohammad Habib, Kepala Kemenag Semarang mengatakan, penambahan kuota haji karena terdapat sistem pengembalian kuota 20 persen dari pemerintah pusat.

Dengan begitu, secara otomatis jumlah kuota haji Semarang yang semula hanya 1.720 orang, saat ini dikembalikan secara keseluruhan jadi 2.184 orang. Hal itu, lanjut Habib, termasuk mengembalikan kuota calon jamaah haji yang telah membayar lunas tapi sempat tertunda pemberangkatannya.

“Dari penambahan 2.184 orang itu terdiri dari kuota haji yang sudah lunas tapi tidak berangkat ada 34 orang, kuota cadangan ada 95 orang dan kuota reguler ada 2.055 orang,” kata Habib kepada metrosemarang.com, di kantornya, Rabu (19/4).

Ia mengungkapkan adanya perubahan kuota membuat proses persiapan pemberangkatan calon jemaah haji semakin dimatangkan. Jadwal pemberangkatan perdananya mulai 27 Juli nanti. Kloter pertama dari wilayah Semarang terdapat 360 orang. Di dalamnya sudah termasuk petugas kesehatan, ketua Kloter dan pembimbing haji.

“Kami melihat antusiasme warga untuk mendaftar haji sangat tinggi. Apalagi masa tunggu pemberangkatannya juga dipercepat. Ini yang membuat warga berlomba mendaftar haji,” ujarnya dan ia menyebutkan bahwa tiap hari jumlah pendaftar berkisar pada angka 25-40 orang.

Tapi, menurutnya untuk biaya pemberangkatan haji di 2017 melonjak. Jika awalnya calon jemaah hanya dikenai biaya Rp 35,3 Juta. Kini biayanya naik Rp 35,6 juta. “Memang naik Rp 300 ribu,” sambungnya.

Sementara ini sudah ada 1.464 orang yang sudah melunasi biaya haji. Mereka melunasinya untuk gelombang pertama pada 5-10 Mei. Jadwalnya pelunasan pada gelombang berikutnya dibuka mulai awal Juni nanti. (far)

You might also like

Comments are closed.