Kusyanto: Berani Ambil Telur dari Sarang Buaya

Kusyanto. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono
Kusyanto. Foto: Metro Semarang/Ade Lukmono

Sudah 24 tahun Kusyanto mengabdikan hidupnya untuk mengelola Taman Margasatwa Semarang. Setiap hari, dia selalu menyempatkan diri untuk berkeliling ke seluruh penjuru kandang untuk memastikan semua satwa dalam keadaan sehat.

“Saya juga memeriksa apakah ada kandang yang rusak atau perlu adanya perbaikan,” kata dia. Kusyanto juga memastikan perkembangbiakan satwa di sana berjalan lancar.

Saat ini, yang menjadi fokus utamanya adalah buaya yang sudah bertelur. “Kira-kira 26 November nanti, telur akan menetas. Kami biasanya mengambil telur dari sarang satu pekan sebelum jadwal telur menetas agar penetasan lancar,” terang dia.

Selain itu, bayi buaya yang baru saja bertelur akan rentan terhadap predator. Dengan menangkarkannya secara khusus, dia berhasil meningkatkan kesempatan hidup bayi buaya.

Bayi buaya akan diberi makan secara khusus. “Jika dibiarkan, anak buaya akan kesulitan mencari makan. Induk buaya tidak akan mengasuh anak-anaknya sampai dewasa,” ujar pria kelahiran Semarang, 12 Maret 1967 ini. (ade)

You might also like

Comments are closed.