Kwarcab Kota Semarang Dukung Target 100 Juta Anggota pada 2023

METROSEMARANG.COM – Adanya wacana baru dari World Organization of Scout Movement (WOSM) terkait penambahan jumlah anggota pramuka di seluruh dunia menjadi 100 juta anggota pada tahun 2023 mendapat respons positif. Sekretaris Kwarcab (Kwartir Cabang) Kota Semarang, Ringsung Suratno, menyetujui hal tersebut.

Latsarnas Pramuka di Hutan Tinjomoyo pada 2014 silam. Foto: metrosemarang.com/dok

Jumlah anggota pramuka di Indonesia menurutnya sudah termasuk banyak, apabila dibandingkan dengan negara-negara lain. Jumlah anggota pramuka di Indonesia pada tahun 2017 sudah mencapai 21 juta lebih. Meski demikian pihaknya tetap mengupayakan untuk menambah jumlah anggota pramuka di Semarang pada tahun ini.

“Yang paling nyata adalah kami melakukan penataan gugus depan, yang dihimpun oleh Kwarran-Kwarran (kwartir ranting) se kota Semarang selaku kepanjangan dari Kwarcab,” ungkapnya, Selasa (25/4).

Ia menambahkan, salah satu bentuk penataan Gugus Depan (Gudep) yaitu dengan mengadakan kegiatan lomba di tingkat ranting. Hal ini juga sekaligus untuk mendongkrak animo dari masyarakat.

“Ada kegiatan simulasi penanganan korban bencana alam yang juga rutin setiap tahun, kami ingin mereka-mereka nanti dapat menjadi orang-orang tangguh yang sigap di segala kondisi,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan Kwarcab Kota Semarang selalu berusaha menaikkan frekuensi kegiatan, dengan harapan dapat memberi lebih banyak kesempatan bagi anggota pramuka untuk melakukan kegiatan.

“Di situlah contoh cara menarik keaktifan Gudep maupun peserta didik untuk masuk menjadi anggota pramuka. Sehingga, diharapkan jumlah anggota pramuka di Semarang akan naik secara signifikan,” pungkasnya. (vit)

You might also like

Comments are closed.