Lakukan Ini agar Gadget Bebas Malware

ilustrasi
ilustrasi
DI era perkembangan teknologi komunikasi dan informasi seperti saat ini, bukan hanya perangkat dan aplikasinya saja yang makin canggih tetapi juga malware.
Malware yang banyak beredar dewasa ini bisa dibilang lebih membahayakan dibandingkan virus yang berkembang di gadget Anda, sebab program ini dapat merusak sistem kerja gadget bahkan menggunakan data pribadi Anda untuk kejahatan cyber.
Agar gawai Anda tak terjangkiti malware, ada baiknya Anda melindungi gadget Anda dengan proteksi tambahan yang dapat diunduh secara gratis di PlayStore maupun AppStore.
Sebelum aplikasi keamanan terinstal dalam gadget Anda, cermati jenis permission yang diminta oleh aplikasi. Jika aplikasi meminta izin untuk melakukan hal-hal berbahaya yang sebenarnya tidak perlu dilakukan, maka Anda bisa menolaknya dan mencari aplikasi lain yang sesuai dan tidak membahayakan data pribadi Anda.
Namun jika perangkat Anda terlanjur dijangkiti malware, cobalah untuk menghapus aplikasi yang terkait dengan malware.
Jika ternyata malware masih bertahan walaupun aplikasi dihapus, maka lakukan factory reset yang akan membersihkan memori perangkat dan mengembalikan setelan seperti keluaran awal. (ren)

activate javascript

You might also like

Comments are closed.