Lakukan Ini agar Hasil Jepretan Kamera HP Sebagus DSLR

Ilustrasi
Ilustrasi

KAMERA ponsel makin hari makin canggih dan dapat menghasilkan gambar yang tak kalah kualitasnya dengan kamera digital. Namun apakah dengan demikian lantas kita tak membutuhkan kamera digital?

Seorang fotografer senior, Arbain Rambey, berbagi tips soal memotret menggunakan kamera ponsel dan kamera digital single lens reflex (DSLR). Seperti dikutip dari Kompas Tekno, dia mengatakan, sebelum memotret, pengguna harus paham di mana kelebihan dan kekurangan kamera ponsel miliknya. Sebab, masing-masing produsen ponsel menyematkan kamera yang berbeda.

Kamera ponsel biasanya memiliki kecepatan yang lambat. Maka kamera jenis ini lebih cocok untuk memotret objek yang tidak bergerak. Jika ingin memotret objek berkecepatan tinggi seperti pertandingan olahraga maupun balap motor, sebaiknya menggunakan kamera DSLR.

Setelah mengetahui kemampuan kamera handphone yang digunakan, pengguna mesti menemukan timing yang tepat untuk memotret. Penyebabnya karena ada waktu-waktu tertentu yang membuat kondisi pencahayaan lebih baik untuk pemotretan.

Timing yang pas biasanya ada saat pagi hari atau sore hari. Sebab pencahayaan dan suhu udara mendukung untuk menghasilkan warna-warna yang indah.

Sementara memotret di siang hari cenderung dihindari karena di Indonesia, matahari cenderung tegak lurus dan membuat bayangan menutupi wajah objek pemotretan.

Hal yang tidak kalah penting adalah memperhatikan kondisi lensa kamera ponsel sebelum memotret. Pasalnya, bagian ini seringkali tanpa sadar tersentuh tangan dan jadi tertutup minyak. Apalagi bila yang akan digunakan kamera depan, seringkali bagian ini terkena minyak.

“Waktu motret pakai handphone, hasilnya jelek, banyak yang tidak sadar ternyata itu karena lensa kameranya berminyak. Kalau berminyak begitu ya, tidak akan bagus hasilnya,” tutup Arbain. (ren)

You might also like

Comments are closed.