Lambang Garuda Pancasila Diusulkan Dipasang di Seragam Sekolah

METROSEMARANG.COM – DPRD Kota Semarang mengusulkan langkah-langkah untuk menanamkan nilai-nilai dan jiwa Pancasila kepada seluruh siswa sekolah di Kota Semarang. Salah satu di antaranya pemasangan lambang Pancasila di bagian dada seragam seluruh siswa sekolah dan pegawai di Kota Lumpia ini.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi memberikan pengarahan kepada siswa SMP Negeri 1 saat upacara bendera di halaman sekolah setempat, Senin (14/11/2016). Lambang Garuda Pancasila diusulkan dipasang di seragam sekolah. Foto: metrosemarang.com/dok

”Kami menginisiasi untuk segera memulai gerakan-gerakan penjiwaan Pancasila ini lewat Dinas Pendidikan. Supaya generasi kita tau, bahwa Pancasila adalah dasar negara. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia,” ujar Sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Rukiyanto, Selasa (9/5).

Dia mengatakan, tidak hanya murid saja yang memasang lambang Garuda Pancasila, namun juga semua guru di sekolah harus menerapkan hal yang sama di seragamnya. Termasuk juga nanti dalam proses penerimaan siswa SD yang mau masuk ke SMP, siswa diwajibkan hafal Pancasila.

”Ini akan kami bicarakan di rapat dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan dalam waktu dekat ini.  Kami akan usulkan mengenai pemakain lambang Pancasila ini,” katanya.

Dijelaskan, bahwa langkah menanamkan jiwa Pancasila seperti ini memang sudah saatnya diberlakukan. Mengingat banyak oknum-oknum golongan atau kelompok tertentu yang saat ini gerakannya mengarah pada perpecahan ataupun menolak pancasila sebagai dasar negara.

”Ini yang harus kita sikapi bersama. Saya kira persoalan yang menyangkut urusan bangsa itu harus ada inisiasi dari semua pihak. Harus ditanamkan bahwa Pancasila itu harga mati, artinya harus diperjuangkan di seluruh lini,” tegasnya.

Pihaknya juga berharap pegawai di lingkungan Pemkot Semarang juga harus menggunakan lambang Pancasila di seragamnya. Sehingga harapannya nanti semangat dan dasar pancasila bakal tertanam di seluruh pegawai pemkot. (duh)

You might also like

Comments are closed.