Lawan Gerakan Radikal, FKPT Kumpulkan 70 Perempuan Pelopor Perdamaian

METROSEMARANG.COM – Puluhan perempuan yang tergabung dalam gerakan pelopor perdamaian dikumpulkan di Semarang untuk mencari formula bersama dalam menangkis gerakan radikal yang belakangan ini meresahkan masyarakat.

Ilustrasi

Menurut Sekretaris FKPT Jateng, Dandan Febry Herdiana, ada 70 perempuan pelopor perdamaian yang berasal dari ragam organisasi yang ia undang pada hari ini, di Star Hotel Jalan MT Haryono.

“Kita ingin menyebarkan paham deradikalis untuk menanggulangi gerakan terorisme ditengah masyarakat,” terangnya, Kamis (26/10).

Ia menuturkan pertemuannya dengan perempuan pelopor perdamaian merupakan acara pamungkas dari rangkaian panjang kegiatan yang dilakukan pihaknya.

Sebelumnya, ia telah menggelar koordinasi dengan tokoh lintas agama di kampus Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo untuk membahas bidang keagamaan.

Di Hotel Noormans Semarang, pihaknya juga menyelenggarakan acara bidang sosial dan kebudayaan. Di Lorin Solo pun ada agenda bersama pelaku media masa.

Di Semarang, FKPT juga membekali pelatihan pembuatan film pendek bagi pelajar SMA sederajat dari 18 daerah. Film-film karya anak sekolah akan disebarluaskan di jejaring media sosial. Ini menurutnya sangat efektif untuk memerangi gerakan radikal yang kerap dilakukan kelompok ekstremis menggunakan media serupa.

“Media sosial sangat efektif untuk mengcounter kegiatan radikalis dan intoleran. Karena anggota kelompok ekstremis juga pakai medsos untuk mencari merekrut jaringan baru dari kalangan anak muda,” kata Dandan. (far)

You might also like

Comments are closed.