Layani Pemudik, PMI Siagakan Ribuan Tenaga Medis

Mobil Unit Donor Darah PMI Kota Semarang bakal terus berkeliling untuk mencari pendonor darah selama Ramadan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Mobil Unit Donor Darah PMI Kota Semarang bakal terus berkeliling untuk mencari pendonor darah selama Ramadan. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

SEMARANG – PMI Jateng menyiagakan 1.228 tenaga medis dan dibantu 93 mobil ambulans sebagai bentuk melakukan pelayanan bagi pemudik Lebaran yang melintasi wilayahnya.

Selain itu, PMI juga menyiapkan Pos Pertolongan Pertama (PP) sejak H-7 hingga H+7 Lebaran. Penyiapan 95 unit ambulans dan 1.228 petugas PMI itu untuk membantu pelayanan kesehatan dan rujukan selama 24 jam.

Ketua PMI Jateng, Imam Triyanto mengatakan ribuan tenaga medis tersebut terdiri dari 269 dokter, sekitar 149 perawat dan 810 sukarelawan. Mereka telah dibekali keterampilan pertolongan pertama untuk menangani kecelakaan di jalan raya.

Pos PMI tersebar di jalur pantura dan jalur selatan, serta tempat keramaian publik seperti Bandara Internasional A Yani, Pelabuhan Tanjung Emas, terminal bus hingga lokasi-lokasi wisata.

Setiap hari, petugas pos terbagai dalam 2-3 shift. “Keberadaan Pos PMI ini ada yang didirikan mandiri maupun bergabung (terpadu) dengan instansi pemerintah, Polisi, TNI dan pihak lainnya,” kata dia, Kamis (9/7).

PMI juga mengimbau agar para pemudik selalu waspada saat mengendarai kendaraan bermotor di lokasi padat dan rawan kecelakaan. “Silakan beristirahat di pos PMI, bisa istirahat dengan aman, nyaman dan gratis,” tukasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.