Lebaran 2017, Tol Batang-Semarang Belum Bisa Dilewati Pemudik

METROSEMARANG.COM – Pemerintah pusat memastikan ruas jalan tol Batang-Semarang pada momentum Idul Fitri 2017 belum bisa dilewati para pemudik. Pasalnya, menurut Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, pengerjaan ruas Tol Batang-Semarang masih terganjal pembebasan lahan yang ada di Weleri, Kabupaten Kendal.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa memberikan keterangan kepada wartawan terkait kesiapan jalur mudik Lebaran. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Karena itulah, ia menyatakan proses pengoperasian pada ruas tol tersebut meleset dari target awal yang seharusnya bisa diujicoba akhir Mei.

“Jadwal pembebasan lahan di Kendal baru kelar akhir Mei, kan tidak mungkin pengerjaan konstruksi selesai dalam 10 atau 15 hari ke depan,” tegasnya, saat mampir di ruang VVIP Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Kamis (4/5).

Ia mengatakan dengan kondisi tersebut, maka para pemudik dari arah Jakarta nantinya diberi alternatif jalur perjalanan menuju ke timur Jawa Tengah.

Opsi pertamanya, kata Royke, pemudik bisa lewat tol atau jalan arteri. Bagi pemudik yang hendak ke selatan Jateng, bisa melewati ruas Tol Cipularang-Cikampek atau jalur utara dari Cipali-Cikopo-Purwakarta.

Di Tol Brebes Exit Timur (Brexit), para pemudik juga akan diberi izin melintasi hingga ruas Tol Gringsing Batang. “Tol Gringsing mulai Lebaran nanti sudah beroperasi secara fungsional. Ini artinya, mobil dan motor boleh lewat di situ. Sebab, dengan pembetonan jalan sudah dikerjakan dengan ketebalan 10 centimeter, lalu diterapkan one way traffic,” bebernya.

Ia berharap, kepadatan pemudik bisa terurai dengan adanya fungsional Tol Gringsing. Kepadatan terpecah di Gerbang Tol Tegal, Pekalongan, Pemalang serta Batang.

Sedangkan pihak pelaksana proyek ruas Tol Semarang-Solo kewalahan dengan pengerjakan ruas tol menjelang Lebaran 2017. Ini karena proyeknya terhambat perubahan cuaca yang ekstrem.

Pemimpin Pengerjaan Proyek Tol Semarang-Solo, Indriyono menerangkan, hujan yang tak bisa diprediksi membuat beberapa penggalian tanah terpaksa mandek.

Untuk saat ini yang beroperasi ialah Tembalang-Ungaran sejauh 11 kilometer dan Ungaran-Bawen 12 kilometer. “Kita saat ini konsen dan fokus untuk menyelesaikan Simpangsusun Bawen hingga Tingkir Salatiga sejauh 17,5 kilometer,” paparnya.

Tetapi untuk Tol Semarang sampai Salatiga sudah dibeton, tinggal beberapa titik saja yang masih dalam proses penggalian. (far)

You might also like

Comments are closed.