Ledakan di Pom Bensin Kembangarum, Begini Kronologinya

Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke seluruh area Pom Bensin Kembangarum. Foto: metrosemarang.com
Petugas pemadam kebakaran menyemprotkan air ke seluruh area Pom Bensin Kembangarum. Foto: metrosemarang.com

METROSEMARANG.COM – Korsleting mesin pengisian bahan bakar (mesin nozzle) diduga menjadi biang ledakan dahsyat yang terjadi di SPBU 4450133 Jalan Untung Suropati, Kembangarum, Kelurahan Kalipancur, Ngaliyan, Minggu (14/2) malam. Berikut ini kronologinya.

Salah satu pengelola SPBU Kembangarum, Aziz menuturkan, ledakan tersebut terjadi sekitar pukul 21.00. Sumber ledakan berasal dari mesin nozzle di sisi barat yang khusus digunakan untuk pengisian bahan bakar Pertamax sepeda motor.

“Tekanannya naik turun. Nyala, mati, nyala, mati lagi, sampai kemudian terjadi ledakan,” kata dia saat memberikan keterangan kepada polisi di lokasi kejadian.

Saat terjadi ledakan, dia menambahkan, sempat terlihat percikan api. “Sempat ada percikan api, tapi tidak terlalu besar,” tutur pria keturunan Arab ini.

Ledakan tersebut mengakibatkan mesin nozzle jebol. Saat itu, sejumlah karyawan berusaha memadamkan api dengan menyemprotkan APAR milik SPBU. Api berhasil dipadamkan dan tak lama kemudian datang satu unit mobil damkar dari Dinas Kebakaran Kota Semarang.

Dahsyatnya ledakan terdengar hingga lebih dari radius 500 meter. Hadi, salah seorang warga mengatakan, saat ledakan terjadi dirinya sedang berada di kawasan Jalan Candi Kalasan, yang berjarak kurang lebih 1 kilometer dari lokasi kejadian.

“Suaranya memang keras sekali. Saya diberi tahu teman kalau Pom Bensin Kembangarum meledak, makanya saya ke sini,” katanya.

Dia juga tak menyangka jika kerasnya ledakan itu hanya mengakibatkan kerusakan kecil. “Beruntung tidak ada korban jiwa. Kerusakannya juga tidak parah,” imbuhnya.

Sekadar diketahui, mesin nozzle yang mengalami korsleting tersebut tergolong paling baru dibanding tiga mesin lainnya. Mesin yang digunakan untuk pengisian bahan bakar Pertamax itu baru terpasang sekitar enam bulan silam.

Akibat ledakan ini, tiga mesin nozzle mengalami kerusakan. Selain itu, satu orang karyawan pria juga mengalami luka bakar di bagian telapak tangan.

Sekitar pukul 22.00, kondisi di Pom Bensin Kembangarum sudah kembali normal. Petugas Inafis Polrestabes Semarang juga terlihat berada di lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara. Garis polisi dipasang di sekitar area mesin nozzle yang korslet. Untuk sementara, SPBU yang berada tak jauh dari Asrama Haji Kalipancur tersebut berhenti beroperasi. (twy)

 

You might also like

Comments are closed.