Lensa Baru dari Sony, Bokeh dengan Autofokus Cepat

Inden Seharga Rp 185 Juta

Sony FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru diciptakan dari campuran magnesium yang tahan lama dan penutup serat karbon yang ringan

SONY memperkenalkan super-telephoto prime lens FE 400mm F2.8 GM OSS dengan apartur besar yang sudah lama ditunggu. Lensa Sony FE 400mm F2.8 GM OSS merupakan super-telephoto prime dengan apartur besar pertama di lini produk E-mount. FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru akan tersedia untuk pemesanan inden di Indonesia dimulai pada bulan September 2018 dengan harga Rp 185.399.000 berdasarkan ketersediaan stok.

Marketing Communications PT Sony Indonesia, Siti Marhamah memaparkan, lensa terbaru ini menghasilkan kualitas gambar brilian, dengan fokus cepat dan desain yang sangat seimbang. Sebuah pilihan ideal bagi fotografer profesional olahraga, margasatwa dan alam, lensa ini adalah pasangan sempurna untuk lini kamera Sony dengan E-mount berkecepatan tinggi seperti α9, α7R III dan lainnya.

Super-telephoto prime lens FE 400mm F2.8 GM OSS, dibanderol dengan harga Rp 185 juta. Dapat dibeli dengan cara inden mulai September 2018 ini. (foto: istimewa)

Dengan berat hanya 2897 gram, lensa 400mm F2.8 Prime Paling Ringan di Dunia dengan Keseimbangan Ideal untuk Monopod atau Handheld Shooting. Keringanan lensa ini dapat dicapai melalui desain optikal yang inovatif yang menggabungkan tiga elemen florit, dengan pengurangan jumlah elemen di bagian depan barel, dan juga penggunaan liberal komponen campuran magnesium yang tahan lama.

Ada dua keunggulan utama Lensa Sony FE 400mm F2.8 GM OSS, yaitu;

1. Autofokus yang Cepat dan Tepat

Lensa FE 400mm F2.8 GM OSS menggunakan dua XD (extreme dynamic) Linear Motors yang baru dikembangkan untuk menggerakkan grup fokus lensa, menghasilkan peningkatan performa pelacakan subjek yang bergerak hingga sebesar lima kali lipat. Motor ini didukung oleh algoritme gerak yang dikembangkan secara khusus untuk meminimalisir lag dan instabilitas serta mengatur tingkat noise, menghasilkan performa autofokus cepat, akurat dan hening. Ini memungkinkan lensa untuk dapat menangkap dengan mudah momen dinamis, atlet atau margasatwa yang bergerak cepat.

2. Kualitas Gambar G Master dan Bokeh

Sebagai bagian dari lini produk lensa terbaik Sony, G Master, super-telephoto prime lens dengan apartur besar memiliki kualitas gambar dengan kontras dan resolusi yang dapat dilihat sampai di ujung gambar. Desain optikal unik mencakup tiga elemen florit yang dapat membantu meminimalisir aberasi kromatik dan menekan kebocoran warna. Lensa juga telah dilapisi dengan lapisan Nano AR asli Sony untuk menjaga lensa dari refleksi, silau atau ghostling yang tidak diinginkan. Lensa juga telah dilengkapi dengan fitur mekanisme apartur sirkular 11-bilah yang memungkinkan untuk menciptakan hasil yang sangat alami dan defokus latar belakang yang indah atau bokeh.

lensa tele sony
Kazuteru Makiyama, President Director of Sony Indonesia dengan 400mm F2.8 GM OSS. (foto: istimewa)

“Sony FE 400mm F2.8 GM OSS terbaru diciptakan dari campuran magnesium yang tahan lama dan penutup serat karbon yang ringan. Lensa juga tahan debu dan kelembaban dan elemen depan telah dilapisi dengan florin untuk terhindar dari kotoran dan sidik jari,” katanya, Senin (27/8/2018).

Dia menambahkan, terdapat juga banyak pengaturan pada lensa, termasuk tombol ‘Full-Time DMF’ untuk dapat secara cepat menggunakan fokus manual, tombol fokus yang dapat diubah di empat lokasi yang berbeda pada barel lensa menghadirkan akses mudah untuk mengakses Eye AF.

Lensa terbaru ini juga memiliki fitur stabilisasi optikal built-in untuk aksi olahraga dinamis dan tiga pengaturan ‘Mode’ berbeda, termasuk pengaturan Mode 3 terbaru dengan algoritme canggih yang memastikan pengambilan gambar menjadi lebih mudah ketika mengikuti subjek bergerak.

Model terbaru termasuk fungsi cincin dengan pengaturan ‘Preset’ dan ‘Function’ yang dapat dipilih, sehingga menambah keleluasaan dalam memilih, yang pertama untuk lensa Sony.

FE 400mm F2.8 GM OSS telah memiliki slot filter kompatibel dengan ø 40.5mm ND dan tipe filter lainnya, seperti VF-DCPL1 Drop-in Circular Polarising Filter opsional. Filter VF-DCPL1 dapat dirotasi untuk menghasilkan polarisasi yang diinginkan ketika dipasang pada lensa. (Ade Lukmono)

Comments are closed.