Lestarikan Alam, Alste Tanam 140.000 Bibit Mangrove di Mangunharjo

METROSEMARANG.COM – Salah satu rangkaian kegiatan Reuni Akbar 2017 Alumni SMA Negeri 3 Semarang (Alste) adalah menanam 140.000 batang mangrove di Pantai Mangunharjo, Tugu, Semarang. Kegiatan bertajuk “Road to 140.000 Mangrove” tersebut merupakan wujud kepedulian terhadap lingkungan.

Penanaman 140 ribu bibit mangrove di Mangunharjo, Tugu dalam rangkaian Reuni Akbar SMA 3 Semarang, Sabtu (28/10). Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Jumlah 140 ribu itu juga karena bertepatan dengan SMA 3 Semarang sendiri yang pada tahun ini berumur 140 tahun,” ujar Ketua Panitia Road to 140.000 Mangrove, Nana Rian, Sabtu (28/10).

Ratusan ribu bibit mangrove tersebut didapatkan dari gerakan “10 Mangrove 1 Alumni”. “Satu alumni menyumbang 10 bibit mangrove. Saat ini sudah mencapai hampir seratus ribu, dan jumlahnya pun hingga saat ini masih terus bertambah,” imbuh Nana.

Selain itu, pada kegiatan ini hadir Kepala Dinas Perikanan Kota Semarang I Gede Made Agung mewakili Wali Kota Hendrar Prihadi yang berhalangan hadir. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komunitas Alste atas partisipasinya terhadap pelestarian lingkungan.

“Dari kurun waktu 10 tahun hampir 1,7 km tanah kita hilang, untuk itulah pada kesempatan ini kami terimakasih kepada alste atas kepeduliannya terhadap kelestarian lingkungan ini,” tukasnya.

Selain penanaman mangrove, peserta yang merupakan alumni SMA 3 Semarang ini juga melaksanakan bersih-bersih pantai. Mereka juga menebar ribuan benih ikan di kawasan Ekowisata Mangrove Mangunharjo tersebut serta memberikan bantuan alat kebersihan serta sembako kepada warga setempat.

Tak hanya itu, mereka juga membuat penanda bertuliskan Ekowisata Pantai Mangunharjo. Penanda tersebut diresmikan langsung oleh Ketua Umum Alste Indonesia Naufal Yahya.

“Road To 140.000 Mangrove” ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam Reuni Akbar 2017 SMA 3 Semarang. Rencananya, pada hari Minggu (29/10) akan dilaksanakan Bodjong Festival yang juga akan dihadiri oleh lebih dari 1.500 alumni SMA 3 Semarang. (fen)

You might also like

Comments are closed.