Libas Persijap, PSIS Melenggang ke Babak 32 Besar

Piala Indonesia

Masuknya Komarudin di menit 53 menggantikan Agung Fendi membuat sisi kanan penyerangan PSIS lebih “hidup”. Dari sayap kanan, Aqsha Saniskara mengirim umpan ke area penalti

RANGKAIAN laga di Liga 1 musim ini belum kelar. Tapi ada pertandingan lain yang harus diselesaikan Laskar Mahesa Jenar. Adalah babak 64 besar Piala Indonesia. Siasat disusun sebelum pertandingan digelar.

piala indonesia
Hafit Ibrahim (depan) dan Gustur Cahyo disiapkan PSIS untuk meladeni Persijap Jepara di babak 64 besar Piala Indonesia, Jumat (23/11). Foto:metrojateng.com

Pemain senior harus simpan tenaga untuk tandang ke kandang Madura United, dalam pekan 32 Liga 1, 26 Desember 2018 mendatang. Sebelumnya mereka tela bertarung habis-habisan melawan Persib Bandung di pekan ke-31 Liga 1, Minggu. 18 November 2018. Laga yang menentukan langkah PSIS di kompetisi musim depan.

Maka, pemain mudalah yang diturunkan untuk menghadapi Persijap Jepara. Itu adalah laga tandang yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 23 November 2018 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara.

Enam belas nama pemain telah tercatat untuk diberangkatkan ke Jepara. Diantaranya adalah tiga penggawa PSIS U-19, Aqsha Saniskara, Eka Febry dan Agung Fendi Erwanto.

Pemain PSIS yang berangkat ke Jepara :
– Sendri Johansyah (GK)               – M Wahyu
– Satriawan Eka Putra (GK)           – Eka Febry
– Frendi Saputra                             – Melkior
– Aqsho Saniskara                          – Gustur Cahyo
– Akbar Riansyah                            – Agung Fendi
– Fauzan Fajri                                 – Albi Lanju Pamungkas
– Rio Saputro                                  – Komarudin
– Hafit Ibrahim                                 – Aldaier Makatindu

 

Tidak ada nama top skorer klub Bruno Silva dan kapten Hari Nur Yulianto. Pun dengan nama Bayu Nugroho, Petar Planic, Ibrahim Conteh serta dua kiper senior, Jandia Eka Putra dan Joko Ribowo.

Meski minus pemain reguler, General Manager PSIS Wahyu ‘Liluk’ Winarto menegaskan timnya tetap membidik kemenangan di Bumi Kartini. “PSIS serius di Piala Indonesia. Kami juga tetap respek dengan Persijap sekalipun berasal dari Liga 3. Tapi, kami juga harus membagi fokus karena Senin (26/11/2018) harus melawan Madura United di liga,” kata Liluk sebelum laga.

Menurutnya, kualitas pemain PSIS hampir merata. Bagi PSIS, kata Liluk, tidak ada alasan untuk kalah di Jepara. “Justru pemain muda punya kesempatan untuk unjuk gigi di Piala Indonesia,” Liluk menegaskan.

Sisa pemain yang tidak berangkat ke Jepara, tetap berlatih di Magelang. Sabtu, 24 November 2018, mereka akan bertolak ke Madura. Setelah berhadapan dengan Madura United kelak, PSIS masih harus menjamu Persipura Jayapura pada 1 Desember 2018, juga menghadapi Persebaya di kandangnya pada 8 Desember 2018.

Kendati posisi PSIS telah aman, namun tiga laga tersisa itu masih penting bagi tim besutan Jafri Sastra. Mereka membutuhkan poin untuk memperbaiki klasemen terakhir.

Susunan Pemain

Persijap 4-2-3-1: Bimasakti Andiko–Achmad Rifqi Rivaldi, Fikron Afriyanto, Gilang Tri Utomo, Wahyu Nugroho Aji; Jufri Fahrul Usemahu, Pian Sopyan; Abrori Alfian, Elgen Fajar, Dani Raharjanto; Iqbal Bahari

PSIS 4-2-3-1: Sendri Johansyah–Frendi Saputra, Rio Saputro, Fauzan Fajri, Aqsha Saniskara; M Wahyu, Hafit Ibrahim; Gustur Cahyo Putro, Aldaier Makatindu, Melcior Majefat; Agung Fendi

 

 

Libas Persijap dengan Gol Tunggal

Di Jepara, Laskar Mahesa Jenar langsung menebar ancaman pada awal permainan. Sepakan M Wahyu melesat di menit keempat. Sayang, eksekusi gelandang PSIS melambung di atas mistar.

Persijap masih bisa mengimbangi permainan PSIS sampai menit 20. Tim Liga 3 itu hanya sesekali melancarkan serangan Elgen Fajar, Dani Raharjanto dan Iqbal Bahari.

Setelahnya PSIS lebih banyak memberi tekanan dan menciptakan sejumlah peluang. Salah satunya lewat sepakan keras Aldaier Makatindu yang masih dimentahkan mistar. Pada menit 22 Melcior Majefat melancarkan tekanan. Pemain bernomor 94 itu melepaskan sepakan keras. Tapi bola bisa ditepis Bimasakti Andiko.

piala Indonesia
PSIS lolos dari adangan Persijap Jepara dan melaju ke babak 32 besar Piala Indonesia. Foto: metrojateng.com

Peluang emas PSIS di akhir babak pertama belum berbuah gol. Sontekan Hafit Ibrahim hanya menerpa tiang kiri gawang Persijap. Skor kacamata menutup paruh pertama.

Masuknya Komarudin di menit 53 menggantikan Agung Fendi membuat sisi kanan penyerangan PSIS lebih “hidup”. Dari sayap kanan, Aqsha Saniskara mengirim umpan ke area penalti dan disambar sepakan mendatar Gustur Cahyo untuk menaklukkan Bimasakti. Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tercipta juga di menit ke-75.

PSIS berpeluang kembali menambah keunggulan di menit ke-90. Aldaier Makatindu berhasil mengecoh dua bek Persijap, tapi penyelesaian akhirnya tepat mengarah ke kiper. Sepakan keras Dani Raharjanto beberapa saat kemudian nyaris menyamakan skor. Sayang peluang terakhir Persijap melenceng di kanan gawang.

Skor 0-1 bertahan hingga laga tuntas. Hasil ini cukup membawa Mahesa Jenar melaju ke babak 32 besar Piala Indonesia. (*)

Reporter: Tri Wuryono
Editor: Eka Handriana
You might also like

Comments are closed.