Library Café John Dijkstra, Bisa Nongkrong Sambil Baca Buku Gratis

METROSEMARANG.COM – Kafe yang satu ini menawarkan konsep unik dengan memadukan perpustakaan dan tempat nongkrong bernuansa klasik. Namanya Library Café John Dijkstra. Dari namanya sudah bisa ditebak jika kafe ini sangat kental dengan suasana jadul ala zaman kolonial.

Foto: metrosemarang.com/agil wibowo

Menempati bangunan kuno di Jalan Taman Srigunting No.10 Kota Lama, Semarang, Library Café sengaja dirancang untuk membangkitkan minat baca bagi anak-anak muda. Dewi Suryanti, pengelola Library Cafe menyatakan, sekitar 500 sampai 1.000 buku yang siap baca di antaranya tentang politik, novel, komik, ilmu pengetahuan, dan buku sejarah tersedia di lantai dua gedung.

“Sebenarnya masih banyak buku yang belum dikeluarkan, hanya saja ini masih dalam tahap pengkodingan,” terang Dewi kepada metrosemarang.com, Jumat (4/2).

Menurutnya, Library Café tak sekadar mengejar profit, tapi lebih pada aspek sosial. Persentasenya, 80 persen untuk kegiatan sosial dan sisanya bisnis. “Kami memang ingin mengajak pengunjung untuk gemar membaca. Bahkan, kalau sekadar hanya ingin membaca buku di sini juga tidak masalah,” ujarnya.

Foto: metrosemarang.com/agil wibowo

John Dijkstra sendiri adalah seorang romo asal Belanda yang meninggal pada 2003 silam. Gedung yang sekarang menjadi kafe ini dulunya merupakan rumah pelayanan sosial milik John Dijsktra.

Dewi menambahkan, setiap hari ada saja komunitas yang datang untuk kumpul-kumpul atau mengadakan diskusi. Nuansa kuno tetap dipertahankan dengan menghadirkan bangku-bangku kayu dan ornamen lain yang sangat unik. Di setiap sudut, pengunjung bisa menemukan rak berisi buku-buku yang siap dibaca.

Menu yang disediakan juga lumayan beragam, baik makanan ringan maupun aneka kopi. Di antaranya kopi Toraja, kopi Aceh dan yang paling khas adalah Dijkstra kopi yang dicampur dengan rempah-rempah.

Jika Anda ingin mencoba nuansa klasik kafe ini, silakan datang mulai pukul 11.00. Anda bisa berlama-lama di sini sembari membaca buku-buku dan menikmati makanan  sampai pukul 23.00. (MG02/far)

You might also like

Comments are closed.