Libur Natal dan Tahun Baru Pengunjung Bonbin Mangkang Capai 42 Ribu

METROSEMARANG.COM – Selama libur panjang Natal dan tahun baru 2018, pengunjung di obyek wisata Kebun Binatang (Bonbin) Mangkang Kota Semarang membeludak. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Taman Margasatwa Mangkang mencatat jumlah pengunjungnya mencapai 42.910 orang dari berbagai daerah.

Pengunjung Bonbin Mangkang melonjak tajam saat libur Natal dan Tahun Baru 2018. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala UPTD Taman Margasatwa Mangkang, Kusyanto menjelaskan, jumlah pengunjung tertinggi pada libur Natal dan tahun baru ini adalah pada hari Senin, 1 Januari 2017 kemarin. Pada hari terakhir musim libur panjang tersebut jumlah angka pengunjungnya mencapai total sebanyak 21.412 orang.

‘’Kalau dibandingkan hari libur biasa peningkatannya sangat tinggi, karena pada hari libur biasa pengunjung rata-rata 1.000 sampai dengan 2.000 orang,’’ kata Kusyanto, Selasa (2/1).

Membeludaknya pengunjung tersebut, menurutnya sampai membuat lahan parkir yang tersedia di komplek Bonbin Mangkang tidak mampu menampung semua kendaraan wisatawan. Apalagi para wisatawan yang sebagian besar dari luar Kota Semarang mayoritas menggunakan kendaraan pribadi.

‘’Sehingga membuat lahan parkir yang ada menjadi over load, tidak mencukupi sehingga membuat wisatawan memarkirkan mobilnya di pinggir jalan,” katanya.

Kondisi serupa juga terjadi di Lawang Sewu. Terhitung mulai 22 hingga 31 Desember 2017, animo kunjungan masyarakat yang berliburan ke Lawang Sewu mencatatkan angka 78.360 pengunjung. 

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, komposisi kunjungan terdiri dari pengunjung dewasa 57.223 orang, anak-anak 21.126 orang dan 11 wisatawan mancanegara. (duh/ade)

You might also like

Comments are closed.