Liburan Paskah, Penumpang Kapal yang Tiba di Tanjung Emas Naik 25 Persen

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim liburan panjang perayaan Paskah, jumlah penumpang kapal yang menuju ke Semarang terkerek naik. Pelindo III Cabang Tanjung Emas menyebutkan bahwa para penumpang kapal sejak Jumat (14/4) kemarin mulai memadati di Dermaga Samudera II Pelabuhan Tanjung Emas.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 
Foto: metrosemarang.com/dok

“Rata-rata tiap hari lebih dari 150 penumpang. Dan paling banyak dari Kalimantan Tengah,” kata Ragil Septiani, Humas Pelindo III Cabang Tanjung Emas saat dikontak metrosemarang.com, Sabtu sore (15/4).

Seperti diketahui, ada empat kapal Roro yang seringkali melayani jadwal pelayaran dari Pulau Kalimantan menuju Semarang, maupun sebaliknya.

Masing-masing adalah KM Kirana I yang punya empat kali jadwal pemberangkatan rute Semarang-Sampit Kalteng PP tiap pekan, lalu KM Dharma Fery II punya 11 kali jadwal pemberangkatan untuk rute Semarang-Kumai PP tiap pekan, KM Dharma Fery II juga punya tiga jadwal pemberangkatan rute Semarang-Ketapang PP KM tiap pekan serta KM Dharma Kencana II dengan enam jadwal pemberangkatan rute Semarang-Pontianak PP tiap pekan.

Setiap kapal yang berangkat maupun tiba di Tanjung Emas, lanjut Ragil paling banyak 150 orang. Walau begitu, ia menganggap lonjakan penumpang kapal di liburan panjang kali ini tak terlalu signifikan bila dibanding kondisi normal.

“Kenaikan tidak signifikan. Ya sekitar 25 persen dari hari biasanya,” tukasnya.

Ia menambahkan masyarakat Kalimantan biasanya berbondong-bondong pergi ke Semarang untuk menikmati liburan panjang hingga Minggu nanti.

Mereka berasal dari kalangan perantau yang bekerja di areal pertambangan lalu memanfaatkan Paskah untuk pulang ke kampung halamannya di Jawa. (far)

You might also like

Comments are closed.