Listrik Padam, Pelaksanaan UNBK di SMK 1 Molor Sejam

METROSEMARANG.COM – Pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMK, hari kedua Selasa (4/4) terkendala listrik. Pasalnya listrik di SMK Negeri 1 Semarang padam. Hal ini menyebabkan pelaksanaan UNBK sesi ketiga yang harusnya dimulai pukul 13.30 molor selama satu jam lebih.

Ilustrasi

Kendati molor, pelaksanaan UNBK tetap berjalan dengan lancar dan siswa tetap mengerjakan materi ujian hingga pukul 18.00. Wakil Kepala Bidang Sarana SMK 1 Semarang, Bambang Wijanarko mengatakan padamnya listrik terjadi sebelum pelaksanaan UNBK sesi ketiga dimulai.

“Pelaksanaannya tepaksa molor namun tidak membuat siswa panik, mereka menggunakan waktu hingga listrik kembali hidup,” katanya saat dihubungi metrosemarang.com, Selasa (4/4).

Pihak sekolah sendiri telah melakukan langkah antisipasi dengan menyewa tiga unit genset. Namun genset yang disediakan tidak kuat menghidupkan 170 unit komputer yang ada di sekolah, dengan jumlah peserta sebanyak 425 orang.

Ia menyayangkan pemadaman listrik tersebut lantaran dianggap mengganggu jalannya UNBK. Agar terhindar dari ujian susulan, pihak sekolah berkoordinasi dengan server pusat dan diberikan tenggang waktu hingga pukul 18.00. Listrik baru kembali menyala sekitar pukul 15.15. Para siswa mengikuti UNBK pada pukul 15.30.

“Kami berkoordinasi dengan server pusat di Jakarta agar diberikan tenggang waktu, jujur kami sangat menyayangkan pemadaman listrik yang dilakukan tanpa pemberitahuan,” ujarnya.

Dia bersyukur siswanya tidak stres dan tertekan karena ujian harus mundur. Pihak sekolah sendiri mengarahkan para siswa untuk menunggu listrik kembali hidup untuk belajar dan tetap rileks. Dirinya berharap untuk hari ketiga dan hari keempat pada Rabu (5/4) dan Kamis (6/4) besok, tidak ada lagi pemadaman listrik.

You might also like

Comments are closed.