Listrik Pasar Yaik Baru Dibongkar dan Dipagari Seng

pasar yaik baru
Kepala Dinas Perdagangan Fajar Purwoto mengawasi petugas yang sedang memutus dan membongkar jaringan listrik di Pasar Yaik Baru, Kamis (12/4). (foto: metrosemarang.com/Masrukhin Abduh)

 

SEMARANG – Setelah para pedagang pindah menempati tempat relokasi sementara di komplek Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT), jaringan listrik di Pasar Yaik Baru kawasan Johar mulai dibongkar oleh petugas Dinas Perdagangan Kota Semarang, Kamis (12/4).

Selain melakukan pemutusan dan pembongkaran jaringan listrik petugas juga memagari keliling dengan seng Pasar Yaik Baru. Pasalnya sudah ada pemenang lelang yang akan segera melaksanakan kegiatan proyek revitalisasi kawasan Pasar Johar.

Lokasi Pasar Yaik nantinya akan dibangun sebagai taman dan tempat parkir bawah tanah atau basement. Sedangkan dalam kegiatan pemutusan dan pembongkaran jaringan listrik, petugas juga dibantu oleh petugas dari PLN yang mengamankan puluhan alat meteran listrik dan kabel.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengatakan, Pemkot Semarang melalui Dina Tata Ruang (Distaru) telah melakukan lelang proyek revitalisasi Pasar Johar senilai Rp50 miliar.

Setelah dilakukan pemutusan dan pembongkaran jaringan listrik akan dilakukan pembongkaran bangunan Pasar Yaik Baru pada 15 April mendatang. Nantinya seluruh bangunan akan dibongkar hanya menyisakan Kantor Polisi Johar saja.

‘’Karena nanti selain ada alun-alun dan tempat parkir juga akan ada kantor polisi yang menjaga wilayah Johar,’’ jelasnya.

Ditambahkan, mulai hari ini pemenang lelang akan melakukan pemagaran keliling dengan seng lokasi Pasar Yaik untuk mensterilkan lokasi dari aktifitas pedagang. Bagi pedagang pancakan yang masih nekat berjualan dipastikan akan ditertibkan petugas.

‘’Ada sekitar 700 pedagang di Pasar Yaik Baru yang semuanya telah direlokasi di satu tempat di komplek Masjid Agung Jawa Tengah,’’ tandasnya. Ditargetkan proyek revitalisasi Pasar Johar Semarang ini akan selesai pada tahun 2020. (duh)

You might also like

Comments are closed.