Lomba Rebana Meriahkan Dinusfest 2018

METROSEMARANG.COM – Badan Amalan Islam (BAI) Matholi’ul Anwar Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) berpartisipasi dalam Dinus Festival (Dinusfest) 2018 dengan mengadakan Kompetisi Kesenian Rebana untuk pertama kalinya.

Lomba Rebana memeriahkan Dinusfest 2018. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kompetisi musik tradisional asal Timur Tengah ini diikuti oleh 17 grup dari SMA/SMK/MA sederajat Se-Jawa Tengah. Ratusan peserta berasal dari Semarang, Demak, Jepara, Grobogan dan Pemalang. Ketua BAI Matholi’il Anwar Udinus, Hayat Al Falah mengatakan, kompetisi ini diadakan untuk menumbuhkan rasa kencintaan di kalangan pelajar terhadap kesenian rebana.

“Dalam lomba ini setiap grup terdiri dari 15 orang yang diberi waktu tampil dan persiapan selama 15 menit, dengan kriteria penilaian kekompakkan, keserasian irama, vokal, dan keserasian kostum,” katanya, Kamis (25/1).

Sedangkan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Udinus meramaikan Dinusfest dengan lomba membatik. Sebanyak kurang lebih 200 siswa mendaftar sebagai peserta lomba tradisional tersebut. Tujuan utama kami mengadakan lomba dengan tema budaya yaitu untuk terus melestarikan budaya di Indonesia. (ade)

You might also like

Comments are closed.