Long Weekend Awal Mei, Ribuan Penumpang Pesawat ‘Serbu’ Bandara Ahmad Yani

METROSEMARANG.COM – Memasuki musim liburan panjang (long weekend) pada awal Mei 2016, ribuan penumpang pesawat terbang terus berdatangan ke Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Pada siang ini, Rabu (4/5), penumpang pesawat yang mendarat di Semarang kebanyakan dari Jakarta dan Denpasar, Bali.

Anom Fitra Anggono, General Affair and Section Head Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang mengatakan, hari ini untuk penerbangan dari Jakarta dan Denpasar menuju Semarang sedikit mengalami lonjakan penumpang.

Namun sayangnya, ia belum mendapatkan data terperinci berapa jumlah prosentase kenaikan penumpang untuk hasi ini. “Masih kita hitung prosentasenya tapi yang jelas hari ini sangat padat (jadwal penerbangan) dan mulai tampak ada lonjakan,” ujarnya kepada metrosemarang.com.

Kepadatan penumpang di terminal kedatangan Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (4/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Kepadatan penumpang di terminal kedatangan Bandara Ahmad Yani Semarang, Rabu (4/5). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Menurutnya Bandara Ahmad Yani tetap jadi jujukan para pelancong yang ingin berlibur ke Jawa Tengah. Terlebih lagi, kini terdapat 14 jadwal penerbangan domestik dan dua penerbangan yang melayani rute ke luar negeri.

“Kita punya sembilan maskapai penerbangan lokal dan dua internasional yang siap melayani pelancong-pelancong di long weekend besok,” urainya.

Ia memperkiraan puncak kenaikan penumpang pesawat bakal terasa pada sore ini hingga besok pagi. “Sekarang lebih banyak penumpang yang mendarat sedangkan sedangkan penumpang yang berangkat menuju rute-rute lain masih sedikit,” kata Anom.

Naiknya jumlah penumpang saat long weekend kali ini juga dipicu adanya penambahan rute Garuda Indonesia. Ia mengira-ngira ada tambahan lonjakan sekitar 5-7 persen dibanding hari reguler.

“Hari ini kebanyakan yang mendarat dari penumpang travelling dan rombongan keluarga. Selain itu, jamaah umroh juga sangat banyak,” sambungnya.

Untuk proses pengamanan di lobi penumpang kini masih normal. Ia mengaku pihak bandara hanya memaksimalkan sumber daya yang ada selama ini untuk mengawasi alur keluar masuk penumpang. Hal ini tentunya juga dibantu oleh personel Lanumad. (far)

You might also like

Comments are closed.