Long Weekend, Penumpang Kereta Api Naik 10 Persen

METROSEMARANG.COM – Lonjakan penumpang kereta api terkait masa liburan Hari Wafatnya Isa Almasih sudah mulai terasa sejak, Rabu, (28/3). Berdasarkan penjualan tiket 28 Maret 2018, lonjakan kedatangan para penumpang di wilayah Daop 4 Semarang akan terjadi pada Kamis (29/3), dimana seluruh perjalanan dari arah Jakarta dan Bandung ke Semarang telah habis terjual.

Ilustrasi
Foto: metrosemarang.com/dok

Sementara untuk keberangkatan kereta api dari Semarang ke sejumlah kota seperti Jakarta dan Bandung, penjualan tiket sudah mencapai 70 persen hingga 99 persen untuk keberangkatan pada tanggal 28 Maret 2018 sampai dengan 1 April 2018.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto memprediksi Puncak jumlah kenaikan penumpang di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang pada masa liburan ini akan terjadi pada Minggu (1/4).

Diperkirakan selama masa liburan ini, di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terjadi lonjakan sebesar 10 persen dibandingkan jumlah penumpang pada hari libur biasa. Pada hari libur biasa, jumlah penumpang rata-rata sekitar 20.000 penumpang per hari sedangkan untuk liburan panjang ini jumlah penumpang diperkirakan mencapai sekitar kurang lebih 22.000 penumpang per hari.

Dalam masa angkutan liburan panjang ini, perjalanan kereta api yang disibukkan, di antaranya enam KA reguler dengan keberangkatan awal dari Semarang, dengan kapasitas tempat duduk 3.810 tempat duduk.

Selain itu, sebanyak 36 KA jarak menengah/jauh reguler yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang, dengan kapasitas 20.280 tempat duduk per hari.

Sedangkan dua KA jarak jauh/menengah tambahan, yang terdiri dari KA Tawang Jaya Premium, relasi Semarang Tawang – Pasar senen pada tanggal 29 Maret s/d 1 April 2018, dengan kapasitas 800 tempat duduk per hari dan KA Sembrani tambahan relasi Surabaya – Gambir yang melintas di wilayah Daop 4 Semarang pada tanggal 1 April 2018, dengan kapasitas 350 tempat duduk per hari.

“Sedangkan sebanyak 14 KA lokal dengan kapasitas 7.592 tempat duduk per hari disiapkan PT KAI,” tambahnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.