Di Luar Prediksi, Antrean Panjang Terjadi di Tiga Gerbang Tol Semarang

METROSEMARANG.COM – Memasuki pekan terakhir puncak arus balik Lebaran, antrean panjang justru muncul di tiga gerbang tol dalam Kota Semarang. Suhartono petugas informasi Jasa Marga mengakui bahwa hal ini di luar prediksinya yang semula memperkirakan kalau volume kendaraan pemudik bakal berangsur turun selepas Lebaran.

Antrean kendaraan menuju gerbang Tol Manyaran pada Rabu (13/7) petang. Foto: metrosemarang.com
Antrean kendaraan menuju gerbang Tol Manyaran pada Rabu (13/7) petang. Foto: metrosemarang.com

“Tapi ternyata pagi sampai siang ini malah banyak antrean di ruas tol Tembalang arah Krapyak, lalu Tembalang arah Srondol serta gerbang Tol Manyaran,” kata Suhartono kepada metrosemarang.com, Kamis (14/7).

Ia menjelaskan kendaraan pemudik kini berjalan merambat di ruas Tol Tembalang menuju Krapyak karena terjadi kemacetan hingga 400 meter. “Di sana, arus lalu lintasnya padat merayap,” terangnya

Pengamatan kamera pengintai di Jasa Marga memperlihatkan bila kemacetan panjang di Tembalang arah Krapyak dipicu adanya rekayasa lalu lintas di ujung gerbang tol. Akibatnya, kendaraan memadat di lajur kanan. Macetnya terpantau ketika pukul 08.30 WIB.

Di ruas Tol Tembalang arah Srondol juga terpantau macet sekitar 200 meter. Sebab, banyak trailer melintasi jalan tersebut. Kemacetan pun muncul di Tol Gayamsari. Karena lalu lintas padat merayap maka mobil-mobil hanya bisa berjalan dengan kecepatan 20 km per jam. “Pemicunya karena di Gayamsari banyak dilintasi pekerja yang mau kearah Jatingaleh, Srondol dan Krapyak,” katanya.

Antrean kendaraan di gerbang Tol Manyaran, Kamis (14/7) siang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Antrean kendaraan di gerbang Tol Manyaran, Kamis (14/7) siang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Lalu di Gerbang Tol Manyaran arah Srondol juga kena macet seiring banyaknya kendaraan pemudik yang bercampur dengan truk bertonase berat. Bahkan, pada Rabu (13/7) petang, antrean kendaraan menuju gerbang Tol Manyaran mengular hingga sekitar 5 kilometer. “Makanya kiat buat empat lajur di ruas kiri karena ada bukaan di Kalipancur,” katanya.

Meski demikian, beberapa ruas tol di bagian Krapyak menuju Bandara Ahmad Yani dan Jakarta kini lancar. Ia memperkirakan volume pemudik di tol Semarang bakal berangsur surut mulai Sabtu nanti. “Arus balik terakhir itu Sabtu besok soalnya Senin anak sekolah masuk semua,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.