Luncurkan Logo Baru, Unnes Makin Mantap sebagai Universitas Konservasi

 

Seremoni peluncuran logo baru Universitas Negeri Semarang, Selasa (18/8). Foto: metrosemarang.com/istimewa
Seremoni peluncuran logo baru Universitas Negeri Semarang, Selasa (18/8). Foto: metrosemarang.com/istimewa

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) resmi berganti logo di tahun ajaran baru ini. Peluncuran logo baru tersebut dilakukan melalui seremonial etnik pada Selasa (18/8). Logo baru Unnes melambangkan semangat inovasi Unnes sebagai Universitas Konservasi.

Dibandingkan logo lama, logo baru Unnes tidak berubah secara total. Ada identitas yang akan terus dipertahankan, terus dilestarikan. Ada empat elemen yang terdapat pada logo baru ini, yakni kuncup bunga teratai, sayap, siluet Tugu Muda dan tulisan Unnes.

Kuncup bunga teratai berhelai tiga berwarna merah dan putih, dimaknai sebagai jiwa semangat Unnes dalam berinovasi untuk mengembangkan perguruan tinggi bertaraf internasional berlandaskan Pancasila, UUD 1945, dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sedangkan, sayap mengepak berwarna kuning emas berhelai delapan menunjukkan Unnes yang dinamis dengan berbasis pada delapan nilai konservasi.

Pencitraan siluet Tugu Muda di bagian tengah yang diapit oleh dua kepakan sayap melambangkan sebagai semangat perjuangan dan identitas Unnes yang berasal dari Semarang. Lambang tersebut bermakna, Unnes dalam perkembangannya diharapkan dapat berkiprah dalam berbagai kancah, baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

Adapun tulisan Unnes dan Universitas Negeri Semarang dengan warna biru melambangkan kemuliaan sebagai rumah ilmu pengembang peradaban unggul yang menghadirkan kebermanfaatan bagi semesta.

Rektor, Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum dalam sambutan tertulisnya mengatakan, penyusunan Graphic Usage Manual (GUM) Universitas Negeri Semarang merupakan pengejawantahan dari dinamika lembaga yang semakin berbenah diri untuk menjadi world class university.

“Penyusunan GUM diharapkan dapat menjadi panduan bagi segenap pihak untuk mencitrakan Unnes secara visual, sekaligus sebagai momentum tepat untuk mengobarkan semangat perubahan dan pembaruan lembaga menuju arah yang lebih baik,” katanya. (MS-06)

You might also like

Comments are closed.