Mabua Tutup, Dealer di Semarang Tunda Order Servis

Deretan motor-motor Harley Davidson di dealer Mabua Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Deretan motor-motor Harley Davidson di dealer Mabua Semarang. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Keputusan PT Mabua Harley Davidson menghentikan penjualan Harley Davidson, berimbas pada dealer-dealer di daerah. Selain pemutusan hubungan kerja (PHK), dealer juga menghentikan operasional, termasuk untuk layanan servis.

Koordinator Departemen Service Mabua HD Semarang, Heri Pujiastono mengakui, sejak tersiarnya kabar penghentian penjualan HD, saat ini terpaksa menunda servis 4-5 motor. Motor-motor yang tak bisa diservis itu karena harus menunggu kiriman spart part dan oli dari Jakarta.

“Yang dipending ada 4-5 motor. Enggak tahu besok ada berapa lagi. Kita masih nunggu kiriman suku cadang dan oli mesin. Karena dealernya mau ditutup, kita enggak terima servis dulu. Kalau mendesak baru kita terima,” kata Heri kepada metrosemarang.com, Sabtu (13/2).

Tiap bulan, kata Heri, rata-rata ada 70-80 moge Harley yang diservis di dealer Mabua Semarang. Jumlahnya selalu bertambah kalau sedang ramai yakni bisa 100 motor. “Tapi khusus bulan ini baru dua motor,” sambungnya.

Ongkos sekali servis motor Harley, menurutnya memang terbilang mahal. Itu tergantung jenis motor yang dipakai. Misalnya, ongkos servis Harley tipe Edge 500 hanya Rp 750 ribu dan paling mahal adalah Harley Ultra mencapai Rp 2 juta. Sebab, tiap hari membutuhkan jumlah oli yang bervariasi. “Ada empat sampai enam botol,” katanya.

Heri pun sebenarnya tak rela jika dealer yang sudah jadi penopang penghasilannya selama ini harus ditutup. Ia membawahi tujuh teknisi yang tiap hari menyervis moge milik pelanggan dealer.

“Ya mau gimana lagi. Saya sudah tahu kalau mau tutup bulan ini. Padahal di sini jadi pusat servis moge Harley di Jawa Tengah dan DIY. Penggemar fanatiknya memang sangat banyak ada 10.000 orang lebih. Apalagi satu orang punya tiga moge,” akunya.

 

Sayangnya, Store Manager Mabua HD Semarang sedang tak ada ditempat saat disambangi di kantornya. (far)

You might also like

Comments are closed.