Macet Selama Pembangunan Underpass Jatingaleh, Ini Solusinya

macetnya gombel_Fotor
Kemacetan di Gombel diperkirakan akan semakin menjadi saat pembangunan underpass Jatingaleh. Foto: metrosemarang.com/dok

SEMARANG – Diberlakukannya sistem buka tutup di Jembatan Jatingaleh selama proyek Underpass Jatingaleh berlangsung, kepolisian akan memberikan prioritas terhadap kepadatan kendaraan yang paling besar.

Seperti yang diketahui, Jembatan Jatingaleh merupakan akses utama para pengguna jalan menuju ke arah pusat kota maupun pusat kota. Selain itu jalur tersebut juga merupakan jalur utama menuju Yogya-Solo tanpa melalui tol.

Kasatlantas Polrestabes Semarang, AKBP Pungky Bhuana mengatakan, saat pagi hari, arus kendaraan didominasi dari arah Gombel ke arah pusat kota. Dengan demikian, otomatis jalan di jembatan Jatingaleh akan diperluas untuk pengendara dari arah selatan.

Sedangkan untuk sore hingga malam, arus kendaraan didominasi dari wilayah kota, sehingga batas jalan digeser ke sisi timur agar kendaraan dari arah utara bisa leluasa melintas.

“Untuk itu dalam hal ini kami meminta kepada kontraktor, barier permanen yang terletak di tengah jembatan Jatingaleh nanti dibongkar saja untuk diganti barier plastik, sehingga lebih mudah direkayasa,” kata Pungky, Sabtu (15/8).

Selain itu, menurut Pungky, selama proses rekayasa lalu lintas di Jatingaleh tersebut, pihaknya lebih memprioritaskan penataan lalu lintas untuk kendaraan roda dua.

Sedangkan untuk kendaraan roda empat dan kendaraan besar dari arah selatan akan diarahkan. untuk masuk ke Tol Tembalang melalui pintu tol Sukun Banyumanik dan pintu tol arah Undip Tembalang.

“Kami juga masih koordinasi dengan instansi lain untuk membersihkan parkir di Jalan Majapahit dekat pintu keluar Tol Gayamsari,  karena volume kendaraan akan tinggi sebagai efek pengalihan kendaraan di wilayah selatan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk lebih mendukung kelancaran selama proyek berlangsung, jalur Gombel Baru dan Gombel lama akan dijadikan satu arah.”Jadi, pengendara dari Srondol nanti lewat Gombel Lama. Ini sebagai upaya antisipasi untuk mengurai potensi ketersendatan arus lalu lintas, ” tandas Pungky. (yas)

You might also like

Comments are closed.