Magister Management Undip Raih Akreditasi Internasional

METROSEMARANG.COM – Program Studi (Prodi) Magister Management (MM) Universitas Diponegoro berhasil meraih prestasi membanggakan di tingkat internasional, pasca diberikannya akreditasi oleh The Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, 21st Century Organization (ABEST 21). Tidak hanya dari luar negeri, MM Undip juga menyabet akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Rektor Undip menyerahkan sertifikat akreditasi kepada ketua program studi MM Susilo Toto Raharjo didampingi Dekan FEB Undip. Foto: undip.ac.id

Dr. Susilo Toto Raharjo, Ketua Departemen MM Undip, mengatakan, dengan diraihnya dua gelar prestisius dari dalam dan luar negeri, menunjukkan jika mutu pembelajaran di MM Undip sangat baik. Belum lagi pengakuan dari BANPT yang memberikan akreditasi terhadap prodi MM Undip.

“Kami mendapatkan sertifikasi dengan kategori Good dari ABEST 21, sementara BANPT memberikan akredirasi untuk prodi kami nilai A,” katanya saat tasyakuran penerimaan penghargaan internasional dan nasional, di kampus kompleks Pleburan, Senin (23/1).

Susilo menerangkan jika ABEST merupakan lembaga sertifikasi internasional yang memiliki misi untuk meningkatkan pendidikan management di sekolah bisnis yang ada di dunia, salah satu caranya adalah dengan mendorong kerjasama internasional.

“Lembaga ini mendoorong kerjasama antar anggotanya, tujuannya adalah sebagai upaya agar lulusan dari sekolah bisnis atau management bisa menghadapi tantangan di masa depan,” tuturnya.

Lembaga yang berlokasi di Jepang tersebut, lanjut Susilo sebelumnya telah mengkreditasi sekolah atau universitas yang bergertak di dunia bisnis atau manajemen misalnya SPJain School of Global Management Singapura, Waseda Business School Waseda University Jepang, dan Graduate School of Management  Kyoto University Jepang.

“Pengakuan internasional itu, akan berdampak kontribusi terhadap fakultas dan universitas, selain itu juga mendorong penilaian akreditasi BANPT,” bebernya

Terpisah, Rektor Undip Prof Yos Johan Utama, mengatakan, dengan menjadi kampus yang unggul perlu dilakukan pengembangan. Pengakuan dari internasional terhadap MM Undip ini sebagai bukti kualitas dan mutu dari Undip.

“Magister Management bekerja di bidang bisnis dan management yang mempengaruhi roda perekonomian, jadi harus terus dikembangkan,” tuturnya.

Penghargaan dan akreditasi yang didapatkan, lanjut Yos Johan bisa dijadikan sebagai bekal menapaki status kampus perguruan tinggi negeri  berbadan hukum (PTNBH) yang beberapa waktu lalu disahkan oleh Mentri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi(Menristekdikti) M. Natsir.

“Pencapaian ini juga membuat pelayanan Undip dalam bidang pendidikan semakin baik, Undip pun siap menjadi yang terdepan di era PTNBH. Apalagi banyak prodi yang telah meraih akreditasi A, selain itu ada peningkatan di sektor publikasi ilmiah serta riset,” pungkasnya. (vit)

You might also like

Comments are closed.