Mahasiswa FIP UNNES Galang Donasi Peduli Jawa Tengah

Sumber: Akun Instagram @bemfipunnes

 

SEMARANG – Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan penggalangan dana sebagai aksi peduli Jawa Tengah. 

BEM FIP Umar Azis Al-bana mengatakan bahwa kegiatan galang donasi yang telah dimulai sejak 9 Februari 2021 ini didasari oleh bencana alam beruntun yang melanda kota Semarang hingga Sabtu (6/6/2021) siang.  Dalam kasus ini, curah hujan tinggi diduga sebagai penyebab dari bencana banjir. Selain banjir yang terjadi di Pekalongan, kudus, Jepara, Demak, bencana longsor juga terjadi di setidaknya 15 lokasi. 

“Memang sedari kemarin pun di Jateng sudah banyak bencana terutama banjir ya, terutama di daerah Pekalongan, Kudus, Jepara, tapi puncaknya itu kemarin ketika Semarang dilanda banjir saat kebijakan provinsi terkait di rumah aja selama dua hari, termasuk Demak, bahkan kota-kota lain yang belum aku sebutin. Dari situlah kami menginisiasikan diri untuk Open Donasi, setidaknya meringankan dan membantu kebutuhan pokok warga terdampak,” ujar Azis.

Donasi ini sebenarnya digelar lewat satu pintu, dengan SOSMA dari BEM UNNES sebagai penanggungjawab utama, dengan target donasi dari BEM FIP sebesar satu juta rupiah. 

“Untuk penyelenggaranya semua departemen atau Kementerian Sosial Masyarakat dari masing-masing Fakultas dan universitas sendiri. Karena donasinya dilakukan dengan satu pintu, jadi penanggungjawabnya adalah SOSMA dan BEM Univ. Taget dari BEM FIP sendiri kurang lebihnya satu juta, mohon doanya semoga bisa terwujud,” jelas Azis.

Kegiatan donasi ini merupakan kali ke dua dalam satu periode BEM terakhir. Aksi galang dana sebelumnya pernah digelar untuk membantu bencana di Sulawesi Tengah dan Kalimantan. Donasi ini rencananya akan diadakan hingga beberapa hari ke depan, dimulai dari tanggal 9 sampai 17 Februari 2021. 

Dalam pelaksanaannya, panitia memberikan dua pilihan pada masyarakat yang ingin berdonasi, yakni dapat menyumbang sembako ataupun baju layak pakai yang dapat dikirim ke alamat Pakintelan RT 04 RW 01 RMH 40 Jl. Dukoh, Gunungpati, Kota Semarang, atau bisa juga menyumbang dalam bentuk uang yang bisa dikirimkan melalui rekening Bank BRI 758801006670537 A/N SITI ROCHAYAH), OVO (0852647607903 A/N UMAR AZIZ AL-BANA), ataupun DANA (089665221462 A/N KARTIKA AYU H).

Hasil donasi yang mampu terkumpul dalam kurun waktu yang tersedia, akan didonasikan langsung ke Jawa Tengah.(ika/ris)

Comments are closed.