Mahasiswa Gantung Diri, Gaji Karyawan Koran yang Nunggak, dan Ratusan Kamar untuk Caleg Gagal  

Proses mediasi telah dilakukan, namun masih buntu. Bos media tersebut juga telah dua kali dipanggil dinas ketenagakerjaan, namun tak kunjung datang

TUBUH seorang mahasiswa sebuah perguruan tinggi swasta di Semarang ditemukan tergantung di halaman sebuah ruko milik orang tuanya. Ia diduga mengalami depresi lalu melakukan bunuh diri. Polisi tidak menemukan tanda-tanda penganiayaan pada tubuh pemuda tersebut.

mahasiswa gantung diri
Proses evakuasi jasad mahasiswa yang ditemukan gantung diri di Semarang. (foto: metrojateng.com)

Diketahui, pemuda itu merupakan alumni DIII Akuntansi Universitas Diponegoro. Ia kini melanjutkan pendidikannya ke jenjang S1, namun bukan di universitas yang sama. Berdasar data pada karu identitasnya, ia merupakan warga Gunungsimping, Kabupaten Cilacap. Di Semarang, ia tinggal seorang diri, berkuliah sambil menjaga ruko milik orang tuanya.

Pertengahan Februari 2019 lalu, seorang pria ditemukan tewas di jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Setiabudi, Banyumanik. Pria melakukan bunuh diri menggunakan tali tambang. Pria 68 tahun tersebut merupakan warga Surabaya.

 

Gaji Karyawan Koran

Sejumlah karyawan salah satu koran ternama di Kota Semarang melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Tengah lantaran perusahaannya belum membayar upah hampir setahun terakhir. Kasus hubungan industrial itu diterima oleh Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan Disnakertrans Jateng.

Kabid Pengawasan Ketenagakerjaan, Disnakertrans Jateng, Budi Prabawaning Dyah, menyebut mereka merupakan karyawan salah satu koran tertua di Semarang. Proses mediasi antara karyawan dan bos perusahaan media cetak yang dimaksud, telah dilakukan, namun masih buntu. Bos media tersebut juga telah dua kali dipanggil dinas ketenagakerjaan, namun tak kunjung datang.

Pelanggaran aturan ketenagakerjaan seperti itu ternyata marak. Pada 2018 lalu, Disnakertrans Jawa Tengah memeriksa 3.122 perusahaan lantaran melanggar aturan ketentuan ketenagakerjaan. Di antaranya ada 437 perusahaan yang kedapatan tidak melaksanakan pembayaran upah sesuai aturan yang berlaku.

Kasur RSJ untuk Caleg Gagal

Pengelola Rumah Sakit Jiwa Amino Gondohutomo Semarang menyebut telah menyediakan 360 tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan perawatan inap. Rumah sakit tersebut juga menyediakan layanan BPJS untuk mempermudah pengobatan maupun terapi untuk depresi skala ringan hingga berat.

Wakil Direktur Pelayanan Medis RSJ Amino Gondohutomo, Erlina Rumantir menyebut, layanan tersebut juga terbuka bagi para calon anggota legislatif (caleg) kontestan Pemilu 2019 yang membutuhkan terapi kejiwaan. Pihaknya tidak melakukan persiapan khusus untuk pelayanan para  caleg yang mengalami gangguan mental. Setiap yang datang ke RSJ Amono Gundohutomo akan dilayani dengan baik (*)

Comments are closed.