Mahasiswa Humas Undip Belajar Bikin Video sebagai Media Promosi

Mahasiswa Hubungan Masyarakat Undip melakukan pembuatan audio visual untuk media promosi. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Mahasiswa Hubungan Masyarakat Undip melakukan pembuatan audio visual untuk media promosi. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

METROSEMARANG.COM – Pembelajaran terhadap teknik pembuatan video tak hanya diperuntukkan bagi mereka yang menempuh pendidikan broadcasting. Sejumlah jurusan atau progam studi di berbagai universitas pun sudah memasukkannya sebagai salah satu mata kuliah yang perlu dipelajari.

Sebagai contoh, adanya mata kuliah Produksi Media Audio Visual (PMAV) di program studi Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro. Penggunaan video dalam dunia kehumasan dianggap penting sebagai media promosi guna menunjang tugas-tugas humas.

Menurut salah satu dosen pengampu mata kuliah PMAV Undip, Bayu Widagdo, dengan adanya pembekalan membuat media informasi audio visual yang baik, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan kemampuan komunikasinya melalui media video, sehingga lebih mudah untuk melakukan promosi.

Hingga saat ini PMAV juga sudah menjadi mata kuliah wajib yang harus diikuti mahasiswa Hubungan Masyarakat. “Jadi mahasiswa tak hanya belajar mengenai konsep saja tapi juga soal teknik-teknik pengambilan gambarnya. Tentu akan sangat mempermudah kerja humas,” kata Bayu, Selasa (5/1).

Hal senada diungkapkan Erra Wahyu, salah satu mahasiswa Progdi Humas Undip. Ia mengungkapkan, meskipun sejatinya mata kuliah PMAV lebih erat kaitannya dengan masalah broadcasting,  Erra yakin taknik pembuatan video sangat berguna sekali untuk bekal kerja ke depannya khususnya di bidang humas.

“Dalam proses pembuatannya, selain teknik pembuatan video, di dalamnya kita juga menyalurkan teknik penyampaian informasi humas. Tentu jika disatukan dua hal tersebut akan mempermudah dalam melakukan pekerjaan humas seperti promosi,” tandasnya. (yas)

You might also like

Comments are closed.