Mahasiswa KKN UIN Walisongo  Berupaya Mengedukasi terkait Vaksin Covid-19

*Melalui Webinar Kesehatan

SEMARANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (KKN MIT DR) XI Kelompok 57 Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN) mengadakan kegiatan webinar kesehatan dengan tema “Vaksin Aman, Masyarakat Sehat”. Minggu, (07/02/2021).

 

Kegiatan webinar yang diadakan melalui aplikasi Zoom dan YouTube ini diisi oleh dr. Vonny Indah Pratiwi asal Yogyakarta.

 

Koordinator Desa, Achmad Supriyanto mengatakan bahwa acara ini merupakan inisiatif dari teman-teman KKN  dan juga menjadi salah satu program kerja utama kelompok.

 

Ia menambahkan acara tersebut dibuat karena melihat kurangnya pengetahuan serta banyaknya pro dan kontra tentang vaksin Covid-19 ditengah masyarakat.

 

“Seperti yang kita lihat, vaksinasi mendapat respon yang beragam dari masyarakat, mulai dari soal uji klinis vaksin, efektivitas vaksin, vaksin gratis, kehalalan vaksin, hingga pelaksanaan vaksinasi”, ucap Supri.

 

Mahasiswa yang juga pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Mahasiswa Kendal (IMAKEN) ini berharap agar acara ini bisa mengedukasi akan pentingnya vaksin Covid-19 ditengah pandemi.

 

“Dengan acara ini, semoga masyarakat lebih bisa mengerti apa itu vaksin, fungsi dari vaksin, serta pentingnya vaksin pada masa pandemi sekarang ini”, kata Supri.

 

Dosen Pengampu Lapangan (DPL) kelompok 57, Dr. Lianah, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada pemateri yang sudah berkenan berbagi ilmu mengenai pentingnya vaksin dan juga mengucapkan terimakasih kepada panitia KKN kelompok 57 yang telah berinisiatif mengadakan acara webinar kesehatan bertema Vaksinasi.

 

“Harapan saya semoga dengan kegiatan webinar ini dapat mengetahui cara yang efektif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya pemberian vaksin, serta dapat ikut andil dalam rangka melakukan percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Indonesia”, ucap Lianah.

 

dr. Vonny Indah Pratiwi mengatakan, vaksin itu bukan obat, ada tiga pendekatan utama untuk membuat vaksin yaitu menggunakan virus atau bakteri utuh, bagian yang memicu sistem imun dan hanya materi genetik.

 

“Fungsi dari vaksin Covid-19 ialah mencegah dari gejala berat sampai kematian, tapi tidak mencegah terinfeksi dan juga masih bisa jadi OTG”, kata dr. Vonny Indah Pratiwi.

 

“Walaupun nantinya sudah divaksin kita tetap harus menjaga 5M, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan etika batuk, mengurangi mobilitas,  serta menghindari kerumunan”, tutup dr. Vonny.(eka/ris)
You might also like

Comments are closed.