Mahasiswa KKN Undip Sosialisasi Penjualan Melalui Marketplace

 

SEMARANG, METROSEMARANG.COM Krisis Covid-19 yang melanda dua tahun terakhir berdampak luas ke berbagai sektor terlebih ekonomi. Tahun ini, kinerja ekonomi global diharapkan tumbuh positif seiring program stimulus dan percepatan vaksinasi.

Untuk menunjang itu, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (Undip) Fakultas Teknik menyelenggarakan sosialisasi tentang penjualan produk jahe herbal di Marketplace pada Rabu (15/09/2021).

Bersama Mitra Usaha Minuman Jahe, Mahasiswa KKN Undip menjelaskan bagaimana keuntungan yang diperoleh dari penjualan online. Program tersebut disambut antusias untuk mengatasi kendala penjualan secara offline yang selama ini dilakukan di masa Pandemi.

“Marketplace Shopee jadi pilihan Mahasiswa KKN Undip sebagai tempat penjualan. Untuk itu kegiatan pemanfaatan marketplace Shopee ini kami fokuskan ke produk-produk makanan dan minuman”, kata Khusnul Khotimah, Mahasiswa KKN Undip.

Langkah pertama mitra usaha diberikan sosialisasi dalam berjualan dan menentukan target penjualan di Shopee setelah itu membuat akun Shopee dan mengajarkan cara membuka toko dan mengunggah foto produk. Selain membuat akun Shopee, mahasiswa KKN juga memberikan pelatihan pengambilan gambar untuk produk jahe agar terlihat menarik oleh pelanggan.

“Selain kegiatan tersebut, mahasiswa UNDIP yang sedang melaksanakan KKN juga membantu pelaksanaan kegiatan kerja bhakti setiap hari minggu pagi. Kegiatan tersebut selain membersihkan taman juga sebagai sarana mempersatukan masyarakat setelah 5 hari jam kerja. Selain itu mahasiswa KKN juga membantu mengajar di TPA Miftakhul Huda”, tutup Khusnul.(eff)

You might also like

Comments are closed.