Mahasiswa Semarang Desak Dua Pimpinan KPK Dicopot

Aksi mahasiswa Semarang menyoroti kinerja KPK. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Aksi mahasiswa Semarang menyoroti kinerja KPK. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Aliansi Mahasiswa Semarang menggelar aksi damai di Jalan Pahlawan Selasa (20/1) siang. Aksi tersebut dilaksanakan dalam rangka menyorot kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka sesaat sebelum pelantikan.

Menurut mereka, tindakan KPK ini syarat akan muatan politilk. “Padahal, sebagai institusi yang independen, KPK seharusnya bersikap dan bertindak profesional serta jauh dari aktivitas politik praktis,” ujar koordinator aksi, Edy Suyanto.

Dia menambahkan, Abraham Samad dan Bambang Wijayanto layak dipecat atau sekurang-kurangnya dibawa ke dewan etik KPK lantaran tindakannya yang dipertontonkan ke hadapan publik merupakan pelanggaran serius.

Aliansi Mahasiswa Semarang menuntut agar KPK dilarang berpolitik dan mendukung hak prerogatif presiden. “Selain itu KPK harus menghormati keputusan DPR dan KPK harus bersikap independen serta profesional,” tambahnya.

Jika KPK terbukti melakukan kegiatan politik praktis, maka Abraham Samad dan Bambang Wijayanto diminta untuk dilengserkan dari jabatannya daripada hanya menyebar fitnah seperti yang dialamatkan pada Budi Gunawan. (ade)

You might also like

Comments are closed.