Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Peduli Kanker Anak

METROSEMARANG.COM – Puluhan mahasiswa Peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universutas Diponegoro (Undip) menggelar aksi Semarak with Epid, Minggu (19/2) di area Car Free Day Jalan Pahlawan. Aksi yang diawali dengan cancer dance ini berhasil menarik minat pengunjung CFD.

Mahasiswa Peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik melakukan longmarch di area CFD Jalan Pahlawan, Minggu (19/2). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Atika Tsurayya, ketua panitia menuturkan Semarak sendiri merupakan singkatan dari Semarang peduli kanker anak. Sedangkan epid merupakan singkatan dari peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik.

Menurutnya tingkat kanker anak di Indonesia terus mengalami peningkatan, sehingga ia dan 65 rekannya tergerak untuk mengenalkan pada masyarakat tentang penyakit ini. “Kanker anak sendiri bukan karena virus yang menyerang anak-anak, tapi genetik dari orangtua,” bebernya.

Perubahan gaya hidup orangtua akan berpotensi pada perkembangan kanker pada anak. Terlebih kebiasaan mengonsumsi junk food.

Selain itu, menurut Atika adanya aksi ini juga untuk mengenalkan peminatan Epidemiologi dan Penyakit Tropik. Di mana saat ini belum banyak yang tahu tentang peminatan tersebut di Fakultas Kesehatan Masyarakat.

“Kegiatan ini juga bagian dari Epid Go Public, acara tahunan yang sudah dua kali kami gelar. Salah satu tujuannya memang untuk memboomingkan peminatan kami ini pada masyarakat,” imbuhnya.

Nanti juga akan dilakukan penggalangan dana dengan penjualan stiker. Dana yang terkumpul akan diserahkan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) cabang Semarang. Semarak with Epid akan dimeriahkan dengan longmarch, kanker dance, dan aksi teatrikal. (vit)

You might also like

Comments are closed.